Genjot PBB Rp 3,7 Miliar, WP Diiming-imingi Hadiah

121

MAGELANG — Pasca-penyerahan wewenang pengelolaan pajak bumi dan bangunan (PBB) dari pemerintah pusat ke daerah, Pemkot Magelang berupaya meningkatkan pendapatannya. Tahun ini, penerimaan PBB ditarget Rp 3,7 miliar.
Untuk memenuhi target tersebut, Pemkot memberikan berbagai hadiah bagi wajib pajak yang membayar pajak periode 20 April–14 Mei 2014.
”Untuk mempercepat penarikan penerimaan PBB, kita selenggarakan pembayaran PBB panutan. Kami juga menyediakan sejumlah doorprize yang diundi bagi wajib pajak yang membayar periode 20 April sampai dengan 14 Mei 2014,” beber Kepala Dinas Pendapatan dan  Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Magelang, Larsita, SE, MSC, usai acara pembayaran PBB panutan, di Pendopo Pengabdian, kemarin (14/5).
Larsita mengatakan, tujuan kegiatan tersebut agar target penerimaan PBB bisa terealisasi. Juga untuk mendorong kesadaran para wajib pajak melakukan pembayaran lebih awal.
Dikatakan, pada 2014 ini, Pemkot menargetkan penerimaan PBB sebesar Rp 3,7 miliar dari 35.136 SPPT. Pada 2013 lalu, penerimaan PBB melampaui target. Yakni, sebesar Rp 4.045.995.426 atau 133 persen dari Rp 3,5 miliar yang ditargetkan
”Target kita terus meningkat. Sampai tanggal 10 Mei kemarin, realisasi sementara sudah mencapai Rp 777.835.000. Kita  juga bekerja sama dengan Bank Jateng untuk pembayarannya.”
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, penerimaan PBB yang melampaui target, menjadi salah satu bukti kepercayaan masyarakat sangat tinggi. Hal itu, kata dia, justru menjadi tantangan agar pengelolaan bisa dimanfaatkan dengan baik. Utamanya, untuk kepentingan pembangunan Kota Magelang.
”Tentu pemerintah harus semakin serius untuk melayani masyarakat dengan baik. Bagi tokoh masyarakat, publik figur, maupun pejabat pemerintah, saya minta untuk beri contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat lainnya dalam membayar PBB,” tuturnya. (vie/isk/ce1)