Diusulkan, Dana Bulan Pendidikan

109

DEMAK — Masih banyaknya siswa miskin yang berkompeten namun tidak punya biaya pendidikan, memantik perhatian berbagai elemen masyarakat.
Saat ini, muncul usulan agar ada program khusus untuk membantu pendidikan siswa miskin tersebut. Misalnya saja, dengan menggalang dana bulan pendidikan, mirip bulan dana Palang Merah Indonesia (PMI).
Usulan bulan dana pendidikan, mengemuka dalam acara refleksi pendidikan yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Pemkab Demak, kemarin.
Kepala Disdikpora Afhan Noor mengungkap, usulan dan masukan dari elemen masyarakat dalam sambung rasa terbuka tersebut, patut diapresiasi. ”Untuk usulan bulan dana pendidikan, akan kita godok dan dikaji lebih mendalam. Yakni, apakah menyalahi aturan apa tidak. Kita kaji bagaimana mekanismenya dan lain sebagainya. Saya kira, ini usulan menarik dan bisa memberikan solusi persoalan pembiayaan pendidikan bagi siswa yang orang tuanya kurang mampu secara ekonomi,” terang Afhan, kemarin.
Menurut Afhan, jika ada bulan dana pendidikan, maka bisa digunakan untuk membantu pembiayaan maupun kebutuhan pelajar miskin. Termasuk, untuk memenuhi peralatan sekolah mereka.
Afhan menambahkan, ada juga masukan terkait peningkatan mutu pendidikan. Yakni, kualitas pendidikan bisa meningkat, jika sistem yang berlaku juga menunjang dan merata di setiap sekolah. Semisal, guru berkualifikasi S1, maupun sarana prasarananya yang memadai.
”Kita contohkan, di SD kan ada dana BOS. Namun, kadang di SD juga tidak ada tenaga administrasi. Pun, di SD juga punya perpustakaan, namun tidak memiliki tenaga atau pustakawan. Nah, kondisi ini tetap berpengaruh pada kualitas pendidikan itu sendiri,” katanya. (hib/isk/ce1)