Bentuk Kader Qurani

107

WONOSOBO – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi para pelajar mempunyai dampak baik dalam pembentukan karakter. Karena melalui ajang MTQ akan tumbuh kader-kader qurani. Mampu membaca, melantunkan, menghafal hingga mengamalkan nilai Alquran dalam kehidupan. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo Kholiq Arif dalam pembukaan MTQ pelajar XXIX dan STQ XXIII tingkat Kabupaten Wonosobo.
Menurut Kholiq Arif, dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan baca tulis serta pengamalan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, perlu adanya semangat dalam pembinaan dan pengembangan bakat bagi qori’-qori’ah (pembaca), hafidz-hafidhah (penghafal), mufassir-mufassiroh (ahli tafsir), khath-khattah (ahli menulis), dan meningkatkan kualitas bacaan Alquran di masyarakat dan pelajar.
Dikatakan Kholiq, dengan adanya MTQ ini, diharapkan bisa mencetak kader-kader qurani, yang nantinya akan menjadi kebanggaan keluarga dan Kabupaten Wonosobo. Serta menjunjung tinggi nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.
“Yang terpenting lagi mampu mengamalkan nilai-nilai dalam Alquran dalam kehidupan,” katanya.
Kepala Kemenag Kabupaten Wonosobo Muhtadin menyampaikan, MTQ pelajar ke-29 dan STQ XXIII tingkat Kabupaten Wonosobo 2014, bertema penghayatan dan pengamalan Alquran menuju terwujudnya masyarakat madani. Maksudnya, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
“Meningkatkan dan mendorong semangat bagi generasi muda khususnya dalam memahami dan menghayati serta mengamalkan isi kandungan kitab suci Alquran,” tuturnya.
Melalui MTQ juga memperkokoh semangat ukhuwah islamiyah khususnya di kalangan pelajar.  “MTQ pelajar tahun ini, diikuti oleh 240 pelajar SD dan MI, SMP dan MTS, serta pelajar SMA, SMK, MA, dari 15 kecamatan se-Kabupaten Wonosobo. Masing-masing kecamatan mengirimkan 16 peserta,”katanya. (ali/lis)