Polres Panen Jagung Satu Hektare  

MUNGKID— Polres Magelang punya cara menarik dalam memanfaatkan lahan kosong di kantornya. Mereka menanam berbagai jenis palawija untuk kemudian hasilnya dipergunakan untuk menunjang kegiatan pelayanan masyarakat.
Kemarin (12/5) jagung manis yang menjadi salah satu jenis tanaman sudah mulai dipanen. Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono didampingi istri, Dian Anggraeni Murbani  dan seluruh pejabat memimpin panen raya ini.
”Setelah tiga bulan akhirnya kita memulai memanen jagung ini,” kata kapolres di sela-sela kegiatan, kemarin.           
Tanaman jagung ini, kata dia, ditanam di area seluas satu hektare. Di atas tanah itu rencananya akan dibangun rumah susun untuk tempat tinggal anggota Polres Magelang. ”Proses penganggarannya masih berjalan. Jadi sambil menunggu terealisasi, kita ingin  memanfaatkan potensi lahan tersebut. Dari pada tidak terpakai,” kata Murbani.
Hasil panen ini, kemudian akan dijual. Dana yang terkumpul akan dipakai untuk penataan kesatuan Polres Magelang. ”Muaranya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” paparnya.           
Selain ditanami jagung, di lahan yang berada di dekat Masjid Al Muttaqin itu juga ditanami berbagai jenis tanaman lain. Ada kacang panjang, ubi-ubian dan semangka. ”Semua dirawat oleh anggota,” katanya.           
Tak hanya memanfaatkan lahan kosong sebagai ladang, di Mapolres Magelang juga digiatkan pemeliharaan taman di setiap sudutnya. Taman-taman ini memiliki penanggung jawab masing-masing. ”Ada juga taman yang dirawat dan dikembangkan oleh setiap satuan,” kata dia.           
Wakapolres Magelang Kompol Yuyun Arif mengatakan pemanfaatan lahan kosong ini juga sebagai salah satu upaya kepolisian untuk menyukseskan program konservasi lingkungan. ”Juga supaya Polres Magelang ini terlihat hijau,”imbuhnya. (vie/lis)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here