Pemkot Siapkan Dua TPU

147

SALATIGA—Pemkot Salatiga menyediakan dua lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang harganya terjangkau oleh masyarakat. Kedepan Pemkot akan menyediakan lahan TPU di semua kecamatan yang ada.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Ciptakaru Kota Salatiga Susanto didampingi Kabag Humas Pemkot Salatiga, Adi Setiarso kepada wartawan, Senin (12/5). Menurut Susanto, dua lokasi TPU sudah disediakan dan diatur oleh Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang retribusi jasa umum.
“Bagi warga yang ingin memakamkan anggota keluarganya harus mematuhi kewajiban yang harus dibayar, yakni biaya petak lalu penggalian sebesar Rp 500 ribu dan biaya pemeliharaan Rp 200 ribu, masa pemeliharaan tiga tahun,” terang Susanto. Penyediaan lahan TPU di Kota Salatiga sebagian besar dimanfaatkan oleh warga di kompleks perumahan yang tidak memiliki pemakaman.
Dua TPU yang disediakan Pemkot berada di Blondo Celong Tingkir Salatiga dan TPU Ngenthak Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti. Penyediaan TPU ini diatur dalam Perda Nomor 12 Tahun 2011. Ke depan segera disediakan TPU di dua kecamatan lainnya, Sidorejo dan Argomulyo. Pemkot masih melakukan persiapan pembebasan tanahnya.
Sementara, di pemakaman lainnya, harga petak sudah mencapai Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta per kapling. Contohnya pemakaman Jengkol RW 08 Domas Kota Salatiga sudah mematok harga petak tanah pemakaman sebesar Rp 1,5 juta. Hal ini terungkap saat rapat warga di kompleks Perumahan Domas Salatiga. Menurut Haryanto, 45, pengurus Paguyuban Rukun Kematian (Pangruti) RW 10, Kecamatan Sidorejo Kelurahan Salatiga, pemangku wilayah pemakaman Jengkol sudah memberitahukan bahwa ada biaya pemetakan tanah dan pemeliharan. (sas/ton)