WONOSOBO – Hasil Pemilu Legislatif 9 April kemarin (12/5) resmi diumumkan. Hasilnya perolehan kursi DPRD Kabupaten Wonosobo terbanyak diperoleh PDI Perjuangan (PDIP), 9 kursi. Sedangkan peringkat satu perolehan suara diraih oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) namun hanya memperoleh 8 kursi.
Rapat pleno penetapan nama calon legislatif yang lolos ke DPRD dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Wonosobo Ngarifin Shiddiq bersama para komisioner lain serta disaksikan perwakilan dari partai politik peserta pemilu.
Menurut Ngarifin perolehan suara sah  untuk DPRD Wonosobo pada Pileg 9 April lalu mencapai 462,726. Dari  jumlah tersebut, perolehan suara partai tertinggi diperoleh PKB sebanyak 89,708 suara, disusul PDIP 89,564 suara. Sedangkan hasil perolehan kursi, tertinggi diraih PDIP 9 kursi, sedangkan PKB 8 kursi.
“Tingkat partisipasi pemilih lebih dari 75 persen, atau melampaui target nasional,”katanya.
Arifin mengatakan, dari hasil rapat pleno ini, maka secara resmi 45 anggota DPRD Wonosobo  periode 2014-2019 sudah bisa diumumkan karena sudah ditetapkan melalui rapat pleno dan melalui semua tahapan yang benar, (lihat grafis).
“Mekanisme penentuan nama dilakukan sesuai rumusan aturan dalam UU Pemilu dan PKPU,” pungkasnya. (ali/lis)