Bidan Dilatih Ilmu Komunikasi

122

WONOSOBO – Untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien, bidan di Wonosobo dilatih ilmu marketing publik relation. Pelatihan ini, untuk meningkatkan kemampuan para bidan dalam memberikan layanan. Sehingga mempunyai kemampuan komunikasi yang baik terhadap pasien.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo Okie Hapsoro Binanda Putra, untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), para pelaku bidang kesehatan utamanya bidan harus bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi.
“Tidak hanya dalam bidang kesehatan, tetapi dalam hal berkomunikasi juga harus bisa lebih supel,”katanya.
Okie menjelaskan, pelatihan marketing publik relation ini merupakan terobosan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Kalau dalam urusan teknis kebidanan, para bidan kami yakin sudah mahir dan menguasai, tetapi para bidan juga harus menguasai komunikasi yang baik, serta bisa menjadi marketing di bidang kesehatan,” jelasnya.
Diharapkan para bidan yang pekerjaannya berhubungan langsung dengan masyarakat, bisa menambah ilmu pengetahuannya dalam berkomunikasi, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik lagi. “Kemampuan berkomunikasi, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.
Pada kesempatan itu Kepala Bagian Humas Setda Wonosobo, Tri Antoro yang menjadi narasumber tentang teknik komunikasi massa, mengatakan dalam ilmu komunikasi, public speaking diartikan sebagai sebuah cara dan seni berbicara di depan khalayak umum. Menuntut, kelancaran berbicara, kontrol emosi, penguasaan bahan yang akan dibicarakan, kemampuan untuk mengendalikan suasana, pemilihan kata dan nada bicara.
Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari ini (12-14/5) itu  diikuti oleh 55 dari 330 bidan semua puskesmas dan rumah sakit swasta di Kabupaten Wonosobo. Pelatihan ini, dibagi dalam 6 gelombang, masing-masing gelombang terdiri dari 55 bidan dengan waktu masing-masing selama 3 hari. (ali/lis)

Tinggalkan Komentar: