Tak Sekadar Mencari Juara

132

SEMARANG – Kompetisi bola basket pelajar terbesar di Indonesia resmi dimulai Sabtu (10/4) kemarin di Knights Stadium Semarang. Selama 11 hari hingga 20 Mei mendatang, Honda DBL 2014 Central Java Series North Region akan bergulir.
Sebanyak 27 tim basket SMA cowok dan 18 tim cewek di Semarang dan sekitarnya resmi berkompetisi di tahun ke tujuh penyelenggaraan Honda DBL ini. Tak hanya menyuguhkan laga-laga basket seru untuk mencari champion dari north region, gelaran Honda DBL 2014 Central Java Series North Region juga menyajikan berbagai kompetisi seru. Seperti Loop 3X3 Competition, yakni pertandingan bolabasket tiga lawan tiga pemain, Biore Blossom Dance Competition, BRItama Three Point Shootout, hingga kompetisi adu heboh antarsuporter pendukung tim basket.
Di GOR, berbagai booth sponsor meramaikan even yang ditunggu pelajar SMA/SMK tiap tahun ini. Honda, Biore, League, BRI, Safe Care, Ultra Milk, dan lainnya seru-seruan menyajikan game untuk mendukung promosi produk.
Kemarin, open gate dibuka pukul 14.00. Terik matahari yang seolah membakar Kota Semarang, tak menyurutkan semangat ribuan pelajar dari berbagai sekolah, untuk memenuhi GOR yang terletak di kompleks Marina Semarang ini. Meski bermandi peluh, mereka tetap antusias untuk datang untuk menyaksikan Honda DBL Central Java Series North Region.
Di hari pertama kemarin, digelar empat pertandingan. Pukul 15.00, pertandingan pertama langsung digelar antara tim cewek basket SMAN 4 Semarang melawan SMAN 14 Semarang. Kemudian disambung dengan pertandingan kedua yang mempertemukan tim putra dari SMAN 11 Semarang melawan SMKN 7 Semarang, sementara di pertandingan ketiga antara SMAN 7 Semarang melawan SMAN 5 Semarang, dan sebagai penutup tim putra SMA Krista Mitra melawan SMAN 3 Semarang.
Marketing Promotion PT Astra Internasional Semarang, Thomas Wahyono, mengatakan, jika gelaran Honda DBL tetap menjadi gelaran olahraga yang sangat hebat karena mengutamakan prestasi bagi generasi muda. Selain itu, dalam segi bisnis, pihaknya mengaku sangat diuntungkan lantaran bisa menanamkan image motor matic jenis Beat kepada generasi muda yang biasanya baru memiliki motor.
“Kita ingin berkontribusi di bidang basket agar mendapatkan generasi yang bisa mengangkat dunia basket di masa depan,” katanya kepada Radar Semarang.
CSA PT Kao Indonesia Semarang Branch Yosua Apri Imantoro mengemukakan, DBL selama ini menjadi wadah apresiasi positif yang layak ditonton. “Gelaran ini harus lebih intens supaya basket kita bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Animo sangat tinggi dari pihak sekolah dan siswa, ini luar biasa,” timpalnya.
Wakil Ketua Pengprov Perbasi Jateng Hartoyo mengatakan, even Honda DBL sangat bagus untuk mencari bibit unggul pebasket muda yang ada di Jawa Tengah. ”Selain itu, DBL terbukti bisa memasyarakatkan olahraga basket di Jawa Tengah,” ucapnya.
Ketua Pengkot Perbasi Semarang Nelwan Hendarto menambahkan, bibit unggul pemain basket Kota Semarang selalu muncul dari DBL. Ajang DBL yang digelar setiap tahun, kata dia, selalu ditunggu siswa SMA sehingga membuat basket di Kota Semarang selalu bergairah.
”Harapannya selalu ada bibit baru yang lahir. Selain itu, para remaja yang ada di Semarang selalu mau belajar basket agar olahraga ini bisa lebih berkembang. Jadi, tidak sekadar mencari juara, tapi juga membuat basket Semarang dan Jawa Tengah umumnya jadi bergairah,” harapnya. (den/smu)