TEMANGGUNG—Persitema Temanggung kembali harus menelan kekalahan di kandang sendiri. Dalam laga lanjutan kompetisi Divisi Utama PT Liga Indonesia di Stadion Bhumi Phala Temanggung, Sabtu (10/5) sore kemarin, Persitema dipermalukan tamunya, Persis Solo 0-1. Stadion kandang Persitema ini seolah menjadi kandang bagi Persis, lantaran seluruh sisi lapangan dipenuhi oleh suporter Persis, Pasoepati.
Gol tunggal Persis dilesakkan Tinton Suharto yang menerima umpan langsung dari sisi tengah lapangan pada menit ke-64. Pertandingan yang cukup menegangkan sempat dihentikan dan diskors cukup lama lantaran ratusan Pasoepati turun masuk lapangan. Ketegangan juga terjadi dengan banyaknya pelanggaran, total empat kartu kuning dilayangkan wasit Ikhsan Prasetyo Jati dari Bantul, masing-masing kepada Idrus Gunawan dan Ariyanto dari Persitema dan Agung Prasetyo serta Tinton Suharto dari Persis.
Sejak menit awal pertandingan, Persitema Temanggung tampak begitu antusias menekan barisan pertahanan tim lawatan dari Kota Solo. Namun, kuatnya barisan Laskar Samber Nyawa membuat Sumariyanto, Arin Kusmanto dan Dhimas Ponky pada ujung barisan serang tidak mampu menembus gawang Persis yang dijaga ketat Agung Prasetyo.
Serangan balasan dari Persis Solo yang dilatih Widiyantoro juga beberapa kali mengobrak-abrik pertahanan Persitema. Meski demikian, koordinasi yang cukup matang di barisan belakang membuat gawang Persitema yang dijaga Lukito tidak tersentuh bola. Hingga para pemain turun minum, kedudukan bertahan pada 0-0.
Pada laga babak kedua, Pengawas Pertandingan dari PT Liga Indonesia, Dessy Arfianto sempat menskros pertandingan selama beberapa menit lantara suporter Persis Solo yang memadati stadion turun hingga lapangan. Setelah pihak keamanan berhasil menghalau penonton, pertandingan dilanjutkan.
Pada babak kedua, Persis langsung menggebrak melalui duet striker Robbi Fajar dan Ferry Anto. Agresifitas tim yang dikapteni Juan Marcello Cirelli ini pada akhirnya memecah kebekuan skor setelah umpan bola dari tengah mampu dimainkan dengan apik oleh Tinton Suharto dan menembus gawang Lukito. Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga laga usai.
Manajer Persitema Temanggung, Yunianto, mengakui keunggulan Persis Solo dalam laga tersebut. Persis baik diatas kertas maupun di zona rumput hijau mampu lebih menguasai bola ketimbang tim asuhannya. Kendati tidak sesuai target, pihaknya mengaku puas dengan hasil kekalahan dihadapan public sendiri. “Tetapi pemain kami sudah berusaha optimal, kami akui Persis adalah tim besar,” tandas Yunianto. (zah/smu)