Perkenalkan Destinasi hingga Gandeng Maskapai

17

Belajar dari Balikpapan yang Gencar Berpromosi sebagai Kota Wisata – 1

BALIKPAPAN lebih dikenal sebagai kota minyak. Sebutan tersebut tak mengherankan karena alamnya yang kaya akan migas. Banyak perusahaan minyak, baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan eksplorasi di kota yang masuk provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) itu. Namun belakangan Balikpapan mulai memperkenalkan diri sebagai salah satu tujuan wisata.
Upaya mengajak para pelancong datang ke Balikpapan salah satunya dilakukan oleh jaringan hotel Accor. Melalui brand hotel Novotel dan Ibis Balikpapan, Minggu (11/5), digelar dua event menarik, yaitu Go Cycling Novotel dan Ibis Pillow Hunt Carnival. Event yang digelar untuk sekaligus memperingati ulang tahun ke-7 Novotel Balikpapan.
General Manager Novotel-Ibis Balikpapan Neil Gow mengatakan Go Cycling adalah touring sepeda menjelajahi Balikpapan dengan rute on road dan off road sepanjang 12 kilometer. Sedangkan Ibis Pillow Hunt Carnival memberi kesempatan kepada staf hotel dan tamu untuk berkreasi lewat kostum, dandanan, atau kreativitas sesuai tema acara. ”Go Cycling Novotel diikuti sekitar 450 peserta dari Kaltim, Jakarta, Jatim, Jateng, dan DIJ. Sedangkan Ibis Pillow Hunt Carnival diikuti 500 peserta,” katanya.
Hotel Manager Ibis Balikpapan Wiwid Pujiono mengatakan selama ini kota yang terletak di pinggir pantai tersebut memang lebih dikenal sebagai kota bisnis. Otomatis, tingkat hunian hotel sangat tergantung pada aktivitas bisnis yang dilakukan perusahaan di kota tersebut. Rata-rata tingkat hunian hotel mencapai 85-90 persen di hari kerja dan justru menurun menjadi 70-75 persen di akhir pekan. ”Meski penurunannya tidak tajam, saat long weekend atau bisnis sedang lesu, akan sangat berimbas pada okupansi karena orang bukan ke sini untuk berwisata,” katanya.
Karena itu pihaknya perlu berpromosi, terutama untuk calon wisatawan di luar Kalimantan. Sebab tidak banyak yang tahu di kota peraih 14 kali penghargaan Adipura itu juga terdapat banyak destinasi wisata. Wiwid mencontohkan pelancong bisa berkunjung ke Sambodja Lodge, tempat rehabilitasi Orang Utan dan Beruang Madu, habitat Bekantan di Sungai Ways, dan beberapa pantai seperti Pantai Manggar. ”Di samping itu, Balikpapan juga menjadi kota transit menuju kota di sekitarnya seperti Samarinda, Tenggarong, Penajam, Berau, Tenggarong, dan Palu,” ungkapnya.
Upaya mengenalkan Balikpapan sebagai tourism destination tersebut juga dilakukan dengan menggandeng maskapai penerbangan. GM Garuda Indonesia Balikpapan, Joseph Saul mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan paket bundling menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kaltim. Dia berharap dengan membuka rute-rute penerbangan di dalam Pulau Kalimantan, para pelancong tidak perlu transit ke Jakarta dulu untuk menuju kota lainnya. ”Ada dua market yaitu market bisnis dan liburan. Kami sedang kerjakan bundling itu,” kata dia. (ric/smu/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here