Danareksa Targetkan Penjualan SBR001 Rp 50 M

79

SEMARANG – PT Danareksa sebagai salah satu agen penjual saving bond ritel seri SBR001 menargetkan bisa menembus penjualan hingga Rp 50 miliar. Beberapa keunggulan seri ini dibanding sebelumnya disebut sebagai salah satu daya tarik penjualan.
Branch Manager PT Danareksa Sekuritas Semarang Melcy S. Makarawung mengatakan penawaran SBR001 dimulai sejak 2 Mei – 22 Mei mendatang. Pembelian per orang minimal Rp 5 juta, berlaku kelipatannya hingga maksimal Rp 5 miliar. ”Secara nasional kami menargetkan penjualan Rp 50 miliar. Hingga akhir pekan ini sudah tembus sampai Rp 700 juta,” ujarnya, kemarin.
Ia optimistis target tersebut dapat ditembus, mengingat karakteristik SBR001 yang terbilang cukup menguntungkan bagi para pemilik. Di antaranya pembayaran kupon dan pokok sampai jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang Surat Utang Negara.
Kemudian jenis kupon mengambang dengan tingkat kupon minimal (floating with floor). Yaitu penyesuaian tingkat kupon dilakukan dengan menjumlahkan tingkat bunga penjaminan LPS yang berlaku pada tanggal penyesuaian kupon dengan spread tetap sebesar 125 bps (1,25 persen) sampai dengan jatuh tempo. ”Tingkat bunga minimal ini tidak berubah sampai dengan jatuh tempo pada 20 Mei 2016. Jadi jika LPS naik tingkat bunga ikut naik, sedangkan bila LPS turun, tingkat bunga tetap pada besaran semula. Karena itu disebut floating with floor,” paparnya.
SBR001 ini juga hanya dapat dimiliki oleh individu atau perseorangan warga negara Indonesia di pasar perdana. Tidak ada pasar sekunder, hanya disimpan dan tidak untuk diperjualbelikan kembali. ”Sebetulnya mirip deposito, hanya saja jatuh temponya 2 tahun, kemudian untuk kupon juga dibayarkan per bulan,” jelasnya. (dna/smu/ce1)

Tinggalkan Komentar: