Bakar Wanita Idaman di Tengah Pasar

97

Dipicu Api Cemburu, Coba Bunuh Diri

SRAGEN–Hiruk pikuk Pasar Sumberlawang kemarin (11/5) pagi mendadak berubah kepanikan. Menyusul aksi nekat Joko Winarno, 53, pedagang mi ayam asal Dusun Lemah Bedah, RT 2 Desa Kacangan, Sumberlawang yang nekat membakar Ginem alias Nunung, 47, pedagang bumbu dapur di pasar setempat.
Tragisnya, usai membakar Ginem, terlapor nekat menenggak obat pestisida yang telah disiapkan. Tak hanya itu, ia juga nekat mengakhiri hidup dengan cara membakar diri.
Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, peristiwa terjadi sekitar pukul 07.00. Ketika itu, sejumlah pedagang mulai menjalankan aktivitas di pasar setempat. Diduga kuat, aksi nekat itu dipicu oleh hubungan asmara antara keduanya.
Sejumlah saksi mata mengungkapkan, selama ini antara Ginem dengan Joko Winarno terjalin hubungan asmara. Ginem yang dikenal sebagai pedagang gerabah dan bumbu dapur itu diketahui menjanda. Jarak kios antara keduanya cukup dekat membuat Joko Winarno yang setiap hari ketemu dengannya kepincut.
Nahas, belakangan Joko Winarno mendengar wanita idamannya itu hendak menikah dengan pria lain. Kabar itu membuat Joko dibakar api cemburu. Bahkan kabar tersebut disebut-sebut membuat keduanya kerap cekcok.
Puncaknya pagi kemarin, Joko yang dilanda api cemburu langsung mendatangi korban sambil membawa botol berisi bensin. Tanpa banyak bicara, ia langsung mendekati korban dan mengguyurkan bensin ke tubuh Ginem.  
Seketika itu, ia kemudian mengeluarkan korek api dan menyulut tubuh korban. Ginem yang kepanasan langsung berlari meminta tolong. Di tengah kegaduhan itu, Joko yang sudah gelap mata langsung meninggalkan lokasi dan mengambil pestisida yang sudah disiapkan. Tidak puas, ia nekat menyiramkan sisa bensin yang dia bawa untuk membakar dirinya.
Beruntung sejumlah pedagang pasar yang mengetahui aksi nekat Joko Winarno berusaha menghentikan langkah tersebut kendati api sudah terlanjur membakar sebagian tubuhnya. Tidak lama kemudian, keduanya langsung dilarikan ke RSUD Gemolong. “Iya setelah membakar Ginem, ia kemudian menenggak pestisida dan berusaha membakar dirinya sendiri,” ujar Arif, salah satu pedagang.
Sriyadi, pedagang lain mengatakan, keduanya memang sempat menjalin hubungan asmara. Tidak hanya itu, mereka juga dikabarkan sudah menikah, meski akhirnya bercerai. Dan Ginem hendak kembali menikah dengan orang lain. “Tiga hari yang lalu mereka juga sempat terlihat cekcok. Mungkin pemicunya juga itu (kabar Ginem akan menikah lagi),” paparnya. (in/mas/ida)