Siapkan Strategi Alternatif

101

MAGELANG– PPSM Sakti Magelang akan mencoba meninggalkan pakem 4-2-3-1 yang selama ini digunakan. Di laga tandang yang akan dimulai hari ini melawan Persip Pekalongan pasukan macan tidar ini akan mencoba formulasi baru.
“Di tiga laga tandang nanti kita akan mencoba menggunakan 4-3-3. Pada laga terakhir di kandang melawan Persiku Kudus kemarin, kita sudah mencoba komposisi ini. Dari evaluasi kami, anak-anak terlihat lebih paham dan nyaman dengan komposisi ini,” kata pelatih PPSM Magelang, M Hasan.
Hanya saja, kata pelatih asal Madiun itu, pihaknya sedikit terkendala dengan absennya Ahmad Elyas, di posisi wing back kiri akibat kartu merah yang diterima saat melawan Persiku Kudus kemarin. Padahal, ia merupakan pemain inti di posisi tersebut.
Namun begitu, dia sudah memiliki beberapa alternatif pemain untuk menggantikannya. Salah satunya menggeser posisi Drajat stopper ke wing back kiri.
Sedang posisi yang ditinggalkannya, akan digantikan Rusdianto. Alternatif kedua, memainkan Adi Cahyadi, pemain lokal Magelang. “Dua alternatif itu yang akan kita coba,” ungkapnya.
Beberapa perubahan itu untuk menebus kekagagalannya meraih poin maksimal di laga kandang sebelumnya. Untuk diketahui, tiga laga tandang nanti, PPSM Sakti akan melawat ke kandang Persip Pekalongan (10/5), Persipur (14/5) dan terakhir dikandang PSIR Rembang 18 Mei mendatang.
“Kegagalan meraih poin maksimal dari PSIS dan Persiku Kudus itu, akan kita coba tebus dari tiga laga tandang tersisa yakni di kandang Pekalongan, Purwodadi dan Rembang. Target kita poin maksimal, yakni sembilan dari tiga laga itu. Kalau meleset, ya minimal enam point atau dua kemenangan,” katanya.
Meski berat, namun pihaknya optimistis dapat meraihnya. “Kalau melihat peluang, kita tetap ada peluang. Dari segi pemain, kita juga tidak kalah dengan mereka. Jadi semua masih fifty-fifty. Hanya kita harus selalu optimis,” tegasnya.
Sementara salah satu pemain PPSM Rene Martinez berharap, tambahan dukungan dari semua komponen masyarakat di wilayah ini sebelum berangkat ke Pekalongan
“Terus terang, sekarang ini kami butuh tambahan motivasi dari seluruh stake holder. Tidak hanya warga, supporter, jajaran manajemen dan pengurus, tapi juga Pemkot Magelang. Untuk saat ini, didatangi saja kami sudah senang. Itu saja sudah cukup untuk menambah motivasi teman-teman,” katanya. (vie/lis)