Permintaan Pupuk Organik Naik

157

BERGAS- Untuk meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan peternakan, diperlukan upaya menciptakan pupuk dengan harga terjangkau, dan hasil yang bagus. Harapannya, dapat menekan ongkos produksi.
Seperti dilakukan oleh PT Sido Muncul Pupuk Nusantara (PT SMPN), yang memproduksi pupuk bio organik.
Presiden Direktur (Presdir) PT Sido Muncul Pupuk Nusantara, David Hidayat mengatakan, pemerintah saat ini sangat serius meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan peternakan untuk menuju kedaulatan pangan nasional.
Sehingga harus didukung dengan menciptakan produk pertanian yang unggul, untuk membantu pertanian dan peternak agar mendapatkan produk yang berkualitas.
“Menyikapi kebijakan pemerintah tersebut, sebagai produsen pupuk bio organik, harus mampu memproduksi pupuk organik unggulan yang banyak memberi manfaat bagi pertanian dan peternakan. Utamanya, dalam mendukung kemandirian dan ketahanan pangan nasional,” ungkap David di sela-sela acara pelepasan ekspor pupuk bio organik di kompleks pabrik Sido Muncul di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jumat (9/5) pagi kemarin.
Pertanian di luar negeri seperti negara-negara Eropa, Asia dan di Afrika, saat ini sudah menggunakan pupuk bio organik tersebut. Bahkan, PT Sido Muncul Pupuk Nusantara sudah melakukan ekspor ke sejumlah negara tersebut.
Pada Jumat (9/5) kemarin, dilakukan ekspor skala besar ke Eropa sebanyak 40 ton atau 40 ribu liter pupuk bio organik.
“Hari ini (kemarin) kita akan mengirim produk pupuk ke Eropa. Ini membuktikan bila putra-putra Indonesia mampu membuat suatu  produk berkualitas dan diakui dunia.”
General Manager PT SMPN, Dian Risdianto mengatakan, ekspor pupuk bio organik sudah sering dilakukan. Hanya saja, selama ini jumlah ekspornya masih dalam skala kecil antara 1-2 ton. (tyo/isk)