SEMARANG–Honda DBL Central Java Series – North Region hari ini akan kembali bergulir di Kota Semarang, tepatnya digeber di Knights Stadium dan akan berlangsung hingga 20 Mei mendatang. Di tahun ke tujuh penyelenggaraan kejuaraan bola basket pelajar terbesar di Indonesia ini, gengsi, aura dan bobot kejuaraan masih terjaga. Honda DBL memang selalu ditunggu tim-tim bola basket sekolah, serta penonton pelajar di Kota Semarang dan sekitarnya.
Sebanyak 27 tim basket cowok dan 18 tim cewek tahun ini telah siap berlaga, untuk memperebutkan gelar champion Central Java Series – North Region. Untuk kemudian selanjutnya akan diadu dengan jawara dari South Region yang berlangsung di Kota Solo, untuk memburu juara seri Jawa Tengah. Siapa wakil North Region? Memang sulit ditebak.
Sejak digelar di Kota Semarang pada 2008 silam, dari tahun ke tahun Honda DBL memang selalu me-refresh regulasi. Tujuannya, agar event ini makin kompetitif. Di tahun-tahun awal penyelenggaraan DBL di Kota Lunpia ini, memang juara menjadi dominasi tim-tim sekolah favorit basket tertentu. Namun sejak tahun lalu tidak ada lagi favorit juara. Semua tim punya peluang yang sama untuk menjadi juara.
Siang ini, Honda DBL 2014 Central Java Series – North Region akan dibuka dengan laga antara tim cewek SMAN 4 Semarang melawan versus SMAN 14 Semarang. Patut ditunggu, karena kedua tim menjanjikan laga sengit.
“Persiapan kami sudah cukup matang, tinggal saat ini kami harus menguatkan mental saja karena besok (hari ini, Red) kita akan bertanding di laga opening,” kata kapten tim SMAN 4 Semarang, Yashinta Meidita, kemarin.
Tim basket SMAN 4 Semarang tidak datang sendiri. Di laga nanti sudah dipastikan kelompok suporter fanatik mereka yang juga peraih supporter award selama dua musim terakhir, yaitu “Superman” bakal memerah putihkan Knights Stadium.
“Di satu sisi, moral kita akan terangkat dengan dukungan teman-teman. Selain itu kita juga akan lebih termotivasi untuk menunjukkan kemampuan terbaik di hadapan teman-teman Superman,” lanjut Yashinta dalam talkshow Honda DBL 2014 Central Java Series – North Region di SSFM 105, 2 Semarang.
Hadir dalam acara bincang-bincang tersebut, Kapten tim putri SMAN 4 dan SMAN 14, Kapten tim putra SMAN 11, tim dance SMAN 3 Semarang, didampingi Herman Kurniawan, Public & Media Relations PT DBL Indonesia.
Sementara di kubu tim lawan, yaitu tim cewek SMAN 14 Semarang, laga sore nanti bakal menjadi laga debut mereka di ajang Honda DBL. Basket SMAN 14 selama ini memang terbukti hebat, namun itu untuk tim cowoknya. Beberapa kali mereka tampil di babak empat besar. Nah, tim cewek ingin mengikuti kehebatan tim basket cowok SMAN 14 Semarang .
Meski baru kali pertama tampil di DBL, Dhea Erida dkk mengaku telah siap untuk memberikan penampilan terbaik. “Nervous pasti ada karena ini pertama kalinya kami turun di DBL. Tapi dengan persiapan yang sudah cukup lama kemarin kami yakin bisa memberi prestasi yang terbaik untuk sekolah di DBL musim ini,” terang Dhea.
Di laga hari ini, juga akan menampilkan tiga partai tim cowok. Mereka adalah tim SMAN 8 Semarang yang akan berlaga versus SMKN 7. Kemudian tim SMAN 7 Searang versus SMAN 5 Semarang dan terakhir laga antara SMA Krista Mitra Semarang versus SMAN 3 Semarang.
Kemudian seperti tahun-tahun sebelumnya, selain 45 tim basket yang akan bertarung, di ajang Honda DBL 2014 Central Java Series – North Region ini juga akan mempertandingkan beberapa supporting event yang tak kalah seru seperti Loop 3×3 yang akan memasuki babak 11 besar, kemudian tentu saja Biore Blossom Dance Competition yang akan diikuti oleh sebanyak 48 tim dance dari masing-masing sekolah.
“Perang” konsep dan koreografi telah disiapkan oleh masing-masing sekolah, untuk mendukung para pemain basket mereka di lapangan, sekaligus memburu juara Biore Blossom Dance Competition.
Sementara, persiapan opening Honda DBL 2014 Central Java Series – North Region sudah 100 persen. Gedung basket di kompleks Marina Semarang ini telah siap menampung ribuan penonton basket di Kota Semarang dan sekitarnya. Di luar gedung, booth-booth dari aneka sponsorship juga siap menyapa para pengunjung. Di antaranya Dari Honda, BRI, Biore, League, Ultra Milk, Safe Care dan Telkomsel dengan produk Simpati Loop-nya. Tak hanya menjual produk, mereka juga menyiapkan bermacam game menantang. (bas/smu)