HO Belum Bisa Diperpanjang

130

SALATIGA—Sebagian besar rumah karaoke di kompleks Sarirejo, tepatnya di RW 09, Kelurahan Bugel, Kecamatan Sarirejo, Salatiga, ditengarai tidak mengantongi izin operasional rumah hiburan. Sebab, izin HO yang mereka miliki, hingga kini belum bisa diperpanjang.
“Dari seluruh jumlah rumah hiburan karaoke di RW 09 Sarirejo, sebagian besar masa berlaku izin HO-nya sudah habis dan belum bisa diperpanjang. Namun, karaoke itu masih tetap diizinkan beroperasi, sambil menunggu izin tersebut terbit,” terang Kepala Satpol PP Pemkot Salatiga, Kusumo Aji.
Izin tersebut, terkendala masuknya wilayah Sarirejo RW 09 dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) permukiman. Namun, sembari menunggu izin terbit, lanjut Aji, rumah karaoke tersebut tetap dapat beroperasi. Hanya saja, tidak diizinkan untuk menambah ruangan.
“Selain itu, para pengusaha atau pengelola karaoke tetap harus memprioritaskan masalah keamanan atau ketertiban. Hal itu sangat kita wanti – wanti kepada para pengusaha maupun pengelola,” jelas Aji.
Satpol PP, klaim Aji, tetap rutin melakukan pengawasan maupun penertiban di rumah-rumah hiburan karaoke di Sarirejo. (sas/isk)