Cuma Lima Detik, Motor Raib

17

MUGASSARI — Komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) lintas kota berhasil dibekuk jajaran Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jateng. Tiga pelaku ini kerap beroperasi di sejumlah kota/kabupaten di Jawa Tengah. Modusnya dengan menggunakan kunci leter T.
Tiga tersangka adalah Supriyadi, 40, warga Dusun Purwojati, Banyumas; Herry Pujianto, 47, warga Bajing, Kroya, Cilacap serta seorang penadah bernama Saepul, 47, warga Bantarkawung, Brebes. Dari tiga tersangka diamankan 17 sepeda motor hasil curian.
Komplotan Herry cs tercatat sudah 20 kali mencuri sepeda motor. Mereka kerap beroperasi Banyumas, Batang, Kebumen, Cilacap dan sejumlah kota di Pantura. Dengan modal kunci leter T, Herry bisa mengambil motor dalam waktu singkat. “Seingat saya sudah 20 kali ambil. Satu motor tidak lebih dari lima detik pakai kunci T,” aku Herry.
Untuk mencari sasaran Herry selalu beraksi bersama Supriyadi. Mereka menentukan sasaran secara acak. Begitu ada kendaraan terparkir di teras dan sepi, Herry langsung masuk dan mengambilnya. “Motor curian dijual kepada Saepul. Saya sudah sejak 2014 mencuri motor,” imbuhnya.
Semua jenis kendaraan menjadi sasaran komplotan ini. Biasanya untuk jenis Honda Mega Pro dijual dengan harga Rp 2,5 juta, sedangkan jenis matik atau bebek Rp 1 juta. Hasilnya lantas dibagi berdua. “Hasilnya untuk senang-senang dan minum,” tambahnya.
Kabid Humas Polda Jateng Kombespol ALloysius Lilek Darmanto mengatakan, para pelaku merupakan residivis yang sudah menjadi target. Mereka tercatat sudahlebih dari 20 kali mencuri motor. Keberadaanya memang sudah sangat meresahkan masyarakat Jateng. “Mereka sudah 20 kali lebih beraksi, ini yang baru diakui. Kami masih melakukan pengembangan,” katanya.
Petugas juga menemukan 4 kunci leter T yang acapkali digunakan untuk beraksi. “Kunci ini didesain sendiri, jadi hanya butuh hitungan detik untuk mengambil satu motor,” tambahnya. Ketiganya masih mendekam di balik jeruji besi. Mereka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (fth/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here