SEMARANG – Sekolah Sepak Bola (SSB) Tugumuda U-9 Semarang mampu mencatat prestasi. Tampil sebagai tim undangan, mereka meraih juara II pada turnamen Kujang Cup yang digelar di Brigif Linud 17/1 Kostrad di Cijantung Jakarta, 1 Mei kemarin. Peringkat juara II ini diperoleh setelah draw pada pertandingan normal dan adu penalti hingga penentuan pemenang dilakukan lewat koin.
Tim U-9 SSB Tugumuda Semarang ngeluruk ke Jakarta membawa 13 pemain, dari seleksi 23 pemain. Turnamen diikuti 20 tim. Pelatih Agus Riyanto menuturkan, anak didiknya bermain kompetitif sejak penyisihan hingga maju ke final. “Mulai penyisihan hingga semifinal anak-anak bermain solid dan selalu menang. Pertarungannya yang paling berat di final,” ungkapnya pada silaturahmi pemain dan klub di lapangan Sidodadi kemarin.
Di laga final, tim U-9 SSB Tugumuda Semarang berjumpa dengan tim tuan rumah Mahesa. Pada pertandingan normal, skor berakhir 2-2. Menurut Agus, kondisi fisik pemain yang sudah menurun karena bertanding dalam satu hari, mengakibatkan stamina pemain menurun. Meskipun, dari permainan dan penguasaan bola lebih unggul.
“Kita terapkan bola dari kaki ke kaki sehingga menyulitkan Mahesa. Mereka tidak mampu mengimbangi. Namun karena kelelahan jadi kurang maksimal. Yang jelas bahwa kita mampu bersaing dengan tim-tim Jakarta,” jelas Agus. Perwakilan orang tua pemain, Opik Luthfi, bangga dengan prestasi ini. “Semoga akan berkembang menjadi pemain handal. Mengikuti seniornya yang bisa berlaga hingga ke luar negeri,” harapnya.(fiq/smu)