Keberatan Hasil Pemilu Difasilitasi

101

TEMANGGUNG–KPU Kabupaten Temanggung sebagai penyelenggara pemilu mempersilakan calon anggota legislatif yang tidak lolos atau partai politik untuk mengajukan keberatan atau gugatan hasil pemilu. Keberatan tersebut akan ditindaklanjuti manakala laporan yang dibawa dilengkapi dengan alat bukti, saksi dan data serta dokumentasi yang lengkap sesuai peraturan.
“Kami tidak menutup pintu, seandainya ada caleg yang tidak puas silakan menempuh jalur hukum tapi harus disertai dengan bukti. Tanpa itu tidak bisa dipertanggungjawabkan. Gugatan maksimal 14 hari setelahnya penetapan secara nasional atau 27 Mei mendatang,” kata Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko usai memimpin persiapan penetapan perolehan suara dan kursi partai politik serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Temanggung 2014 di aula KPU setempat Kamis (8/5).
Ia mengatakan, hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat KPU, merupakan hasil rekapitulasi yang dilakukan di tingkat kecamatan (PPK), demikian juga di kecamatan juga hasil rekapitulasi di tingkat desa (PPS).
Namun demikian katanya, pembahasan pengecekan diperlukan untuk memastikan data peserta pemilu dengan KPU cocok. Sehingga pada penetapan perolehan suara dan kursi partai politik serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Temanggung Senin (12/5) mendatang berjalan lancar.
Ia menambahkan berdasarkan hasil penghitungan suara yang ada, komposisi, 45 anggota DPRD Kabupaten Temanggung, 19 diantaranya adalah muka baru atau 26 merupakan DPRD yang kini menjabat. Sementara dari jenis kelamin sebanyak 14 orang adalah perempuan atau sekitar 31 persen.
“Perolehan kursi terbanyak pada PDIP yakni 7 kursi, PKB 6 kursi, PPP, Golkar dan PAN masing-masing 5 kursi. Gerindra, Hanura, Nasdem masing-masing 4 kursi, PKS 3 kursi dan Demokrat 2 kursi, sedangkan PBB dan PKPI tidak memperoleh kursi,”tandasnya.
Sementara itu Ketua DPC PKB Temanggung, Matoha mengatakan pihaknya cukup puas dengan hasil Pemilu 2014, sebab semua tahapan pemilu telah cukup baik dilakukan oleh KPU Temanggung. “Kami cukup bangga selain partisipasi pemilih di Temanggung tertinggi di Jawa Tengah.  Kinerja KPU Temanggung sudah sangat bagus, semua tahapan dilakukan tepat pada waktunya,” tandasnya. (zah/lis)