PDIP Andalkan Struktur dan Relawan

90

GEDUNG BERLIAN – DPD PDI Perjuangan Jateng menyatakan tidak memiliki strategi khusus untuk memenangkan Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 9 Juli 2014 mendatang. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut hanya akan mengandalkan struktur partai dan relawan.
Bendahara DPD PDI Perjuangan Jateng Rukma Setyabudi menyatakan partainya mempunyai struktural partai yang paling lengkap. Dari tingkatan DPP, DPD, DPC, PAC hingga anak ranting. “Dan itu adalah mesin politik yang dahsyat,” ungkapnya.
Para relawan, diakui Rukma sangat membantu partai. Mereka berasal dari berbagai kalangan non partai. Artinya pergerakan mereka tidak diinstruksikan ataupun dipandu oleh partai. “Mereka itu independen. Kami sangat wellcome untuk itu. Kami memang melakukan komunikasi, tetapi tidak memberi instruksi. Kami juga tidak memberi bantuan uang,” jelas Rukma yang juga menjabat Plt Ketua DPRD Jateng ini.
Pihak DPD PDI Perjuangan Jateng sendiri sudah pasti mendukung penuh Jokowi sebagai capres yang mereka usung. Ini dikatakan sebagai amanat untuk memimpin kelompok masyarakat yang lebih besar, yakni Indonesia.
Terkait kunjungan Jokowi ke beberapa pondok pesantren (ponpes) di Jateng menemui sejumlah pimpinan ponpes, Rukma mengatakan itu sesuatu yang biasa dilakukan. Pertemuan di DPD PDI Perjuangan Jateng juga dianggap sesuatu yang biasa, karena Jokowi juga tercatat masih pengurus DPD sebagai wakil ketua.  “Istilahnya kulonuwun dulu,” katanya.
Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Heru Sudjatmoko mengatakan saat ini merupakan masa konsolidasi untuk Pilpres mendatang. “Kami berhadap para kader semuanya bekerja sama. Bekerja keras, karena ini bukan hanya untuk partai, tetapi untuk bangsa. Kemenangan pada pileg kemarin jangan terus menjadi euforia,” tandasnya. (ric/ton)