Hadapi Dewan Baru, Sekwan Gelar Rakernas

136

BALAI KOTA – Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia yang tergabung dalam Asosisasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia (Asdeksi) hari ini (8/5), berkumpul di Kota Semarang. Pertemuan para sekretaris dewan dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dilakukan guna menyamakan persepsi seluruh peserta terutama menyambut anggota dewan baru hasil pemilu 2014.
 
Menurut Direktur Eksekutif Asdeksi Subhan, hasil pemilu sudah ada dan dewan baru juga sudah bisa digambarkan sehingga perlu berbagai persiapan untuk menyambut mereka. “Mulai dari pengambilan sumpah janji jabatan hingga mensukseskan tiga tugas pokok dewan yakni pada bidang legislasi, budgeting dan pengawasan,” ujar Subhan.
 
Tentu saja harus ada persamaan persepsi para sekwan sehingga dalam melaksanakan tugas tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dia mencontohkan dalam penyusunan program legislasi daerah atau prolegda, sekretariat dewan (setwan) tentu harus bisa mendukung kinerja dewan utamanya dalam menyusun raperda inisiatif dewan. (zal/ton)