Gubernur Prihatin, Jateng Langka Plat Nomor

109

KENDAL—Minimnya plat nomor kendaraan di wilayah Jateng sangat memprihatinkan. Pasalnya, kelangkaan plat nomor tersebut sudah lama terjadi di hampir semua Samsat di Jateng. Yakni sudah satu tahun untuk kendaraan roda dua dan tiga bulan untuk kendaraan roda empat.
“Kelangkaan tersebut lantaran belum turunnya bahan baku pembuatan plat nomor dari pusat Mabes Polri. Sehingga sampai saat ini, banyak masyarakat yang kendaraannya tidak memiliki plat nomor kendaraan,” kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.
Namun, katanya, lamanya kelangkaan plat nomor kendaraan yang lama itu sudah di luar kewajaran. Karena itu, pihaknya akan mendorong Korlantas Mabes Polri untuk melakukan koordinasi agar bahan baku plat nomor bisa segera dipenuhi.
“Plat nomor motor sudah sekitar setahun, sudah di luar kewajaran. Tapi ketika tadi saya melakukan kontak dengan pusat, memang belum bisa. Saya minta agar bisa cepat dipenuhi, sehingga ada kepastian, kapan plat nomor bisa digunakan,” ujar Ganjar usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Samsat Kendal, kemarin (7/5).
Sedangkan adanya praktik percaloan yang masih menjamur di Samsat, Ganjar meminta warga untuk melaporkan saja. Sebab praktik percaloan sangat merugikan masyrakat. “Kalau ada, langsung laporkan kepada saya sekarang, mumpung saya di sini. Sebab, saat orang ditanya pasti tidak ngaku. Jadi saya harus temukan sendiri,” tandasnya.
Salah seorang warga Kendal bernama Muarofah, 27 mengaku kecewa dengan langkanya plat nomor tersebut. Padahal dirinya sudah mengurus sejak September tahun lalu. “Sampai sekarang belum ada plat nomor, jadi khawatir kalau bepergian jauh,” katanya.(bud/ida)