Ban Dunlop Genjot Pasar Domestik

117

SEMARANG – PT Sumi Rubber Indonesia selaku produsen Ban Dunlop Indonesia terus menggenjot penjualan pasar domestiknya. Pada tahun ini, komposisi penjualan pada diharapkan bisa seimbang dengan porsi penjualan ekspor.
GM Sales Planning PT Sumi Rubber Indonesia, Hendro Himawan mengatakan, saat ini penjualan Ban Dunlop memang masih didominasi untuk pasar ekspor yang mengambil porsi 60 persen dari total produksi. Adapun ekspor sebagian besar ditujukan ke negara-negara di Eropa dan Asia. “Pasar domestik masih 40 persen saja, masih banyak ekspornya. Makanya tahun ini harapan kami penjualan eskpor dan lokalnya bisa 50 persen : 50 persen,” katanya, dalam Gathering Distributor Ban Dunlop se-Jateng-DIY, di Hotel Crown Semarang, Senin (5/5) malam.
Menurutnya, potensi pasar ban domestik masih sangat besar. Untuk itu, pihaknya akan terus meningkatkan penjualan di dalam negeri, melalui produksi di pabrik yang berada di Jakarta. “Untuk pasar lokal sendiri, sejauh ini masih didominasi di DKI Jakarta, dengan kontribusi lebih dari 40 persen. Khusus di Jawa Tengah dan DIY kontribusinya masih cukup kecil yakni sekitar 15 persen,” ungkapnya.
Hendro mengaku, produksi Ban Dunlop saat ini rata-rata telah mencapai 2 juta unit per tahun. Jumlah tersebut setiap tahun mengalami kenaikan sekitar 20 persen. “Dunlop sendiri memproduksi ban untuk mobil dan motor. Namun paling besar porsinya untuk ban mobil. Adapun ban motor kebanyakan untuk motor besar,” ujarnya.
Terkait market share Dunlop, di Indonesia saat ini masih bertengger di posisi dua dengan porsi 26 persen dari total pasar ban. Sedanhkan segmen yang dibidik adalah menengah atas.
Deputi Sales PT Sumi Rubber Indonesia, Oedarto menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan pasar akan ban berkualitas, PT Sumi Rubber Indonesia kali ini memperkenalkan produk terbarunya, SP Sport LM 704. Produk baru ini diperuntukkan bagi kendaraan penumpang. “Produk baru ini memiliki keunggulan yakni lebih awet 25% dari ban merk lain,” tandasnya. (aln/jpnn/smu)