Siswa Bingung, 24 Soal Direvisi

104

DEMAK-Para siswa SMPN yang mengikuti ujian nasional (Unas) kemarin sempat bingung saat menggarap soal Bahasa Indonesia. Pasalnya, terdapat 24 item dari total 50 soal yang direvisi atau dianulir. Akibatnya, siswa harus mengerjakan ekstra keras dan hati-hati agar lebih teliti.
Sebab, soal nomor urut 1 hingga 12 dan soal 39 hingga 50 bermasalah. Karena bermasalah, maka ada lembaran lain sebagai ralat atau penggantinya. Hanya saja, soal pengganti itu yang mestinya berbeda antara siswa satu dengan lainnya, akhirnya soalnya menjadi sama. Selebihnya, soal nomor 13 hingga 38 sudah sesuai yang dicetak dan masing-masing siswa soalnya berbeda.
Kepala SMPN 5 Demak, Sudarwanto mengatakan, soal pengganti yang disediakan tidak seimbang termasuk kertasnya berbeda. Karena itu, cukup mengganggu siswa dalam mengerjakan soal.
Bupati Dachirin Said yang melakukan pengawasan di SMPN2 Karangtengah dan MTsN Karangtengah juga kaget mendengar laporan tersebut. “Kami dapat laporan ada 24 soal Bahasa Indonesia yang katanya salah,” ujar bupati.
Karena itu, bupati berharap masalah serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Demak, Afhan Noor mengatakan bahwa persoalan tersebut telah disosialisasikan ke seluruh kepala sekolah dan pengawas ujian.
“Hasilnya, sudah tidak ada masalah dan sudah disikapi dengan baik. Pengerjaan soal tetap jalan,” katanya. Kabid Pendidikan Menengah, Abdul Haris juga mengatakan, masalah bisa diatasi. “Sudah dapat diselesaikan,” katanya. (hib/ida)

Tinggalkan Komentar: