Menang Bukan Tujuan

10

SEKAYU — Ratusan balita kemarin berkumpul di salah satu stan rumah sakit di sebuah mal di Semarang. Ternyata sedang mengikuti lomba mata sehat dan mata indah. Dengan didampingi orang tua masing-masing, satu per satu anak diperiksa.
”Menang kalah bukanlah tujuan, yang terpenting bisa mengetahui apakah anak saya sehat matanya apa tidak,” kata Arif, salah satu orang tua peserta lomba.
Namanya juga anak-anak. Ada juga yang merasa takut dan menangis, ketika dilakukan pemeriksaan mata. Meski banyak yang merasa senang diperiksa oleh dokter. ”Dalam lomba ini, hanya mengikuti saja. Kalau menang sebuah keberuntungan, tetapi kalau kalah tidak menjadi beban,” kata salah satu orang tua lainnya, Siti Marfuah.
Ketua tim dewan Juri, dr Irastri Anggraini SpM mengatakan dalam lomba festival mata sehat dan indah ini ada beberapa kriteria. Di antaranya mata sehat akan dinilai dari posisi bola mata dan refleks pupil. Yakni, kedudukan bola mata lurus dan simetris.
Sedangkan untuk mata indah, akan dinilai dari kelopak mata dan tingkat kemerahan. Yakni, mata tidak terlihat bengkak serta tidak terlihat merah. Mata juga tidak terdapat benjolan dan kelopak mata dapat menutup sempurna dengan bulu mata lentik keluar. Selain itu, bagian depan mata (kornea) terlihat jernih, mata dapat melihat tajam dan terang serta pupil mata kelihatan hitam kelam. ”Jadi bagian mata tampak putih, halus dan selaputnya jernih. Kelopak mata terang serta mata dapat melihat secara seimbang antara kanan dan kiri,” katanya.(hid/ida/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here