KTA Pramuka Perlu Dibenahi

186

WONOSOBO – Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Wonosobo, dinilai oleh Pramuka Kwartir Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah. Tim penilai langsung mendatangi kantor di bilangan Jalan Argopeni dengan memeriksa sejumlah administrasi kegiatan organisasi kepanduan itu.
Menurut Wakil Ketua Kwarcab Wonosobo Tri Antoro, tim penilai datang untuk menilai beberapa bidang di antaranya terkait tata tertib administrasi organisasi, kesesuaian dengan kegiatan yang digelar, serta data-data pendukungnya.
“Kegiatan ini sebagai bagian dalam lomba kwartir tingkat Jateng,”katanya
Dijelaskan, fokus penilaian dari tim penilai pada bidang program pembinaan anggota muda, program pembinaan anggota dewasa (binawasa), bidang organisasi dan hukum, bidang keuangan, aset, sarana dan prasarana, serta bidang pengabdian masyarakat dan hubungan masyarakat.
“Pada beberapa bidang tersebut, sebagian besar fokus tim adalah pada evaluasi kegiatan, seperti berapa jumlah kegiatan yang digelar di tingkat cabang, serta bagaimana pelaksanaan dan ketertiban administrasi pendukungnya,”katanya.
Sementara, untuk bidang keuangan, penilaian dilakukan pada ketertiban administrasi, sumberdaya keuangan, usaha kemandirian, serta koperasi dan bumi perkemahan. Dari hasil penilaian tersebut, tim penilai menyimpulkan bahwa Kwarcab Wonosobo sudah cukup memenuhi persyaratan tertib administrasi organisasi.
“Ada masukan, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Dari rekomendasi tim penilai, pembenahan yang perlu dilakukan di antaranya adalah penertiban kartu tanda anggota (KTA), pengembangan kegiatan litbang kepramukaan, serta pembentukan unit usaha kemandirian sebagai sumber dana organisasi,” jelasnya.(ali/lis)