AMBARAWA — Puluhan pemuda Ambarawa, Minggu (4/5) pagi kemarin, menggelar deklarasi Komunitas Pemuda Indonesia Relawan Jokowi (Kopirejo) Jateng untuk pemenangan Joko Widodo sebagai Presiden RI. Deklarasi digelar di markas Kopirejo di Jalan Pemuda No 27 Ambarawa, Kabupaten Semarang.
Acara dilanjutkan dengan road show para relawan untuk menjaring ribuan tanda tangan. Hal itu sebagai wujud dukungan dari masyarakat di Kabupaten Semarang. Selanjutnya, rombongan akan berangkat ke Jakarta dengan berjalan kaki untuk menemui Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo; dan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati.
Ketua Komunitas Pemuda Indonesia Relawan Jokowi (Kopirejo) Jateng, Ikmaludin mengatakan, pihaknya sangat mendukung Jokowi sebagai presiden. Ikmaludin dan relawan lainnya, merasa figur Jokowi sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia.
”Saya rasa semua masyarakat tahu tentang itu,” kata Ikmaludin, percaya diri, usai deklarasi.
Usai deklarasi, para relawan membubuhkan tanda tangan di atas kain sepanjang 20 meter. Kain tersebut dibentangkan di depan markas mereka.
Selain itu relawan, mereka akan road show dengan berkeliling ke pasar, pertokoan, dan perkampungan untuk meminta tanda tangan dukungan.
”Setelah road show penggalangan tanda tangan pakta integritas dari masyarakat, akan dilanjutkan berjalan kaki menuju Jakarta untuk menemui Pak Jokowi dan Ibu Megawati. Nanti akan kami bawa dukungan tersebut ke Jakarta dengan jalan kaki selama 15 hari.”
Rencananya, long march ke Jakarta untuk menemui Jokowi akan dimulai Minggu (11/5) mendatang. Ada 8 orang yang akan berjalan kaki.
”Secara fisik kami sudah siap, dengan latihan berjalan jauh. Kami juga tidak berjalan 24 jam, tapi akan istirahat dengan singgah di sejumlah kota yang kami lewati untuk menggalang dukungan bagi Jokowi.”
Pengurus PDI Perjuangan, The Hok Hiong mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan anak-anak muda Ambarawa tersebut. Sebab, ada kepedulian pemuda-pemuda terhadap pemerintahan dengan berpolitik. (tyo/isk/ce1)