DKPP Periksa Panwaslu Kabupaten Semarang

145

SEMARANG–Merasa laporannya tentang dugaan pelanggaran Pemilu tidak ditanggapi serius, elemen Masyarakat Peduli Pemilu Bersih (MPPB) melaporkan Panwaslu Kabupaten Semarang ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Laporan MPPB langsung mendapat respons positif lembaga yang diketuai Prof Jimly Assidiqqie.
DKPP, pekan lalu telah mengklarifikasi pengadu yakni Lungga Yudhi Sana, warga Desa Susukan, Ungaran Timur, yang juga koordinator MPPB. Anggota DKPP Nur Hidayat Sardini saat dihubungi kemarin membenarkan telah mengklarifikasi pengadu. Selanjutnya, DKPP akan memanggil teradu yakni Panwaslu Kabupaten Semarang.
“Ya, DKPP telah menerima surat pengaduan oleh elemen MPPB pada 23 April lalu. Saat ini kami masih melakukan kajian serta melakukan klarifikasi dengan pengadu maupun teradu. Selanjutnya, kami minta pengadu memberikan bukti-bukti terkait aduannya, agar bisa diproses lebih lanjut,” jelas Sardini.
Dia mengatakan, pengadu minimal harus menyerahkan minimal dua alat bukti terkait laporannya. “Jadi pengadu harus memenuhi syarat formil dan materiil agar kasus yang diadukannya bisa disidangkan oleh DKPP. Kalau kurang, kami minta pengadu melengkapi. Tapi kalau tidak memenuhi syarat formil maupun materiil, ya aduannya tidak bisa disidangkan,” tegasnya.
Sardini menjelaskan, saat ini memang tengah sibuk mengangani ratusan aduan terkait penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg). Ratusan aduan juga telah disidangkan. Bahkan selama dirinya menjadi anggota DKPP, sudah 129 penyelenggara pemilu di daerah maupun provinsi yang terdiri atas anggota KPUD, Panwaslu serta Bawaslu telah dipecat karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik.
Sementara Lungga Yudhi Sana saat dihubungi mengaku lega DKPP telah menindaklanjuti aduannya. Dia mengaku kecewa Panwaslu Kabupaten Semarang tidak serius menanggapi laporannya terkait dugaan money politics yang diduga melibatkan Fadholi, caleg DPR RI dapil Jateng 1 dari Partai NasDem, dengan menggunakan perangkat desa di Kabupaten Semarang.(smu/ida)