15 Ribu Siswa Ikuti Unas

104

MUNGKID– Hari ini (5/5) sebanyak 15.662 siswa SMP dan sederajat di Kabupaten Magelang memulai ujian nasional (unas). Persiapan yang dianggap telah memadai diharapkan mampu menjadikan prestasi di tahun ini.       
“Kita menargetkan tri sukses pada unas tingkat SMP/MTs tahun 2014 ini. Selain sukses prestasi, juga sukses pelaksanaan dan administrasi,” kata sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (disdikpora) Kabupaten Magelang, Musowir, kemarin.     
Dia mengatakan pada unas kali ini, dijadwalkan berlangsung selama
empat hari mulai Senin (5/5) hingga Kamis (8/5) mendatang. Untuk soal telah sampai di Disdikpora sejak Sabtu (3/5) kemarin. ”Selanjutnya, soal-soal itu kami distribusikan ke delapan subrayon yang ada di wilayah ini mulai Minggu pagi tadi (kemarin),” katanya.       
Delapan subrayon tersebut, lanjut Musyowir, terdiri dari subrayon 1 di SMP Negeri 1 Salam, subrayon 2 di SMP Negeri 2 Muntilan, subrayon 3 di SMP Negeri 1 Mungkid, subrayon 4 di SMP Negeri 1 Salaman, subrayon 5 di SMP Negeri 2 Mertoyudan, subrayon 6 di SMP Negeri 1 Tegalrejo, subrayon 7 di SMP Negeri 1 Grabag dan subrayon 8 di SMP Negeri 1 Bandongan.       
Terkait dengan kemungkinan terjadinya kebocoran naskah ujian, pihaknya memastikan sangat kecil terjadi. Pasalnya, baik saat naskah berada di Disdikpora maupun di delapan subrayon tersebut, dijaga ketat oleh petugas. Baik dari sekolah mau pun dari kepolisian.       
“Terakhir, prosedur penyimpanan juga menggunakan standar operating prosedur (SOP) yang telah ditentukan. Jadi kecil kemungkinan terjadi kebocoran soal,” tegasnya.       
Kepala SMP Negeri 3 Muntilan, Joko Supriyono mengatakan pengamanan telah disiapkan untuk menjaga naskah unas tersebut. ”Selain dijaga oleh panitia khusus, soal juga akan dijaga oleh polisi. Soal-soal juga disimpan dalam ruangan
khusus dan pembukaan soal dilakukan permata pelajaran per hari persekolah. Jadi sangat kecil kemungkinan ada kebocoran soal,” imbuhnya.     
Pada hari pertama unas ini, para siswa dijadwalkan akan mengerjakan 
mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada hari kedua, Selasa (6/5) Bahasa Inggris, disusul matematika dan pada unas hari terakhir Kamis (8/5), untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). (vie/lis)