WONOSOBO—Bupati Wono­sobo HA Kholiq Arif menyatakan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), yang selama ini masih harus diurus hingga ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Disdukcapil), bisa disederhanakan dengan pelimpahan kewenangan kepada masing-masing kecamatan.
“Dengan adanya pelimpahan kewenangan tersebut, masyarakat tak perlu datang ke ibu kota kabupaten untuk menyelesaikan surat-surat terkait administrasi kependudukan, seperti KTP, KK hingga akta kelahiran,” kata HA Kholiq Arif, dalam acara forum warga di pendopo belakang rumah dinas, Senin (28/4).
Demi terwujudnya simplifikasi aturan terkait administrasi kependudukan tersebut, ia meminta Kepala Disdukcapil Syamsul Maarif, agar segera bertemu dengan para camat, sekcam hingga para pejabat kelurahan maupun desa.
“Bersama para pejabat wilayah tersebut, kadisdukcapil bisa membahas cara terbaik untuk pelimpahan kewenangan dalam pengesahan surat-surat terkait kependudukan agar tidak sampai melanggar aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah,” katanya.
Menurut Kholiq, pelimpahan kewenangan dari pemkab kepada kecamatan tersebut, tak sebatas pada adminduk, melainkan bisa sampai pada pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB).
“Dengan demikian, beban kerja pemkab, sudah melebihi kapasitas, akan dapat terdistribusi secara proporsional,” ujarnya.
Wacana yang disampaikan Kholiq tersebut, tak lepas dari adanya keluhan dari beberapa tokoh masyarakat akan rumitnya pengurusan KTP dan KK.
Budi Heriyanto moderator dalam forum warga bertema optimalisasi pelayanan publik, menyebutkan selain pelayanan terkait, kurang efisiennya pelayanan administrasi kependudukan, keluhan kurangnya rambu-rambu lalu lintas di beberapa ruas jalan, ruang terbuka hijau, hingga retribusi sampah diungkapkan secara terbuka demi adanya perbaikan pelayanan publik di Kabupaten Wonosobo.
Menanggapi antusiasme warga dalam upaya memperbaiki layanan publik tersebut, Wakil Bupati Maya Rosida mengaku sangat apresiatif. Dengan adanya kepedulian warga terhadap kondisi Kabupaten Wonosobo, Maya yakin upaya jajaran pemkab untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih cepat tercapai.
“Saya mengimbau kepada jajaran pimpinan SKPD hingga para pimpinan di wilayah, agar merespons kepedulian masyarakat tersebut dengan bekerja lebih keras, serta lebih transparan dalam penggunaan anggaran pembangunan,” katanya. (ali/lis)