TEMANGGUNG—Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Kabupaten Temanggung akan memberikan reward bagi TPS, PPS dan PPK terbaik dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan digelar dalam waktu dekat ini. Tidak tanggung-tanggung, KPU mengajukan ratusan juta rupiah untuk hadiah yang dananya diperoleh dari APBD setempat.
Ketua KPU Kabupaten Temanggung, Sujatmiko menyebutkan, reward yang akan diberikan senilai Rp 282 juta itu berasal dari dana hibah APBD Temanggung. Anggaran tersebut sudah masuk dalam usulan bupati pada DPRD melalui mekanisme Anggaran Mendahului Perubahan. ”Kami menyiapkan reward untuk TPS, PPS dan PPK terbaik se-Temanggung dalam Pileg dan Pilpres. Kami sudah memunculkan reward dari APBD perubahan, melalui pemda, jadi masuk dalam usulan bupati ke DPRD,” kata Sujatmiko usai acara doa bersama Pemilu yang digelar di halaman KPU setempat.
Menurut dia, pemberian reward pada TPS, PPS dan PPK terbaik ini telah dilakukannya sejak pelaksanaan Pilgub Jateng dan Pilbup Temanggung 2013 lalu. Ketika itu, pemberian reward berhasil membuat partisipasi pemilih tinggi, yakni mencapai sekitar 83 persen. Padahal, kecenderungannya yang terjadi di daerah lain, angka partisipasi pemilih justeru menurun. (zah/lis)