APK Belum Dicopot, Seknas Jokowi Turun Tangan

144

MUNGKID—Meski pemilihan umum tinggal satu hari lagi, sejumlah alat perga masih terlihat terpasang. Untuk itu, kemarin Seknas Jokowi membantu proses penertiban alat peraga tersebut.
Pantauan koran ini, sejumlah alat peraga masih belum ditertibkan. Di antaranya di Jalan Magelang-Purworejo, Magelang-Jogjakarta, Magelang-Salatiga dan sejumlah jalan-jalan kampung. Selain bendera parpol, ada APK berupa spanduk, baliho dan banner dalam berbagai ukuran tersebut terpasang di fasilitas-fasilitas umum. ”Hari ini kita ikut menertibkan, alat perga kampanye, karena masih banyak yang belum ditertibkan,” kata Puguh Djaka Sulistya, Presidium Seknas Jokowi Jateng, kemarin.
Dia menertibkan bersama puluhan anggota seknas Jokowi. Mereka fokus di sejumlah jalan protokol seperti di sepanjang ruas jalan dari pertigaan Blondo hingga kawasan Blabak, Mungkid.
Menurut Puguh, aksi simpatik tersebut sudah dikoordinasikan dengan Panwaslu dan Satpol PP Kabupaten Magelang. Seluruh sampah APK yang terkumpul diserahkan ke kantor Satpol PP. ”Bagi caleg atau pengurus parpol yang ingin mengambil, silakan datang ke sana,” sarannya.
Kepala Kantor Satpol PP, Sudjarno, maupun Ketua Paswalu Kabupaten Magelang, Suviratno, mengaku salut terhadap aksi para relawan tersebut. Berdasar ketentuan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013, menurunkan APK menjadi kewajiban masing-masing parpol.
”Kami sangat apresiatif terhadap aksi teman-teman relawan tersebut. Dengan kewenangan dan keterbatasan personel yang ada, kami merasa sangat terbantu dengan adanya alsi simpatik mereka, membersihkan APK yang masih terpasang,” kata Suviratno. (vie/lis)