WONOSOBO—Upaya meningkatkan derajat penyandang disabilitas, terus dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo. Di antaranya de­ngan menggelar bimbingan pemantapan dan keterampilan praktis. Dalam pelatihan selama dua hari itu, sedikitnya 45 difabel akan dilatih tentang kesehatan, bimbingan mental hingga keterampilan berekonomi.
Menurut Kepala Bidang Re­ha­bilitasi Sosial Dinas Sosial Ka­bupaten Wonosobo, Amir Ma’ruf, pelatihan selama dua hari itu, akan menghadirkan sejumlah narasumber, dari Dinas Kesehatan, RSUD Krt.Setjonegoro, Dinas Koperasi dan UMKM.
“Kami juga berikan praktik keterampilan pembuatan roti dan kue oleh pengusaha roti sukses yang merupakan penyandang disabilitas, Ny.Wardantiningsih asal Kertek,”katanya, kemarin (27/3) di sela pembukaan pelatihan di aula Unit Rehabilitasi Sosial Mardi Yuwono Wonosobo.
Lebih lanjut Amir mengungkapkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas agar menjadi manusia yang mandiri, produktif dan berkembang sehingga bisa berperan serta dalam pembangunan nasional.
“Diharapkan dari kegiatan ini, bisa meningkatkan fungsi fisik penyandang disabilitas sehingga mampu melaksanakan fungsi sosialnya bagi diri, keluarga dan masyarakat,”katanya.
Para penyandang disabilitas ini merupakan hasil seleksi calon penerima manfaat pada 27 Februari 2014, yang berasal dari 13 kecamatan. Mereka dipilih dengan pertimbangan penyandang disabilitas yang potensial namun rawan sosial ekonomi serta masih dalam usia produktif yakni antara 17 sampai 45 tahun.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo, menambahkan saat ini tidak kurang ada 5.055 penyandang disabilitas di Kabupaten Wonosobo, sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah.
“Sebab mereka keba­nyakan punya keinginan bekerja untuk mandiri namun sering terkendala dengan lingkungan yang kurang memberi kesempatan kepada mereka,” ujarnya.
Untuk itu, Agus mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya agar bisa memberikan program-program maupun bantuan-bantuan kepada mereka sehingga bisa lebih berdaya guna di masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Sosial, baru bisa melayani sekitar 459 orang penyandang disabilitas pada tahun 2013,”katanya. (ali/lis)