Temukan Surat Suara Bermasalah

98

UNGARAN-Sejumlah surat suara yang bermasalah ditemukan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara yang diadakan KPU Kabupaten Semarang, Minggu (2/3) pagi di lapangan tenis indoor GOR Wujil, Bergas. Di antaranya, ada cipratan tintaber bentuk verikal pada lembar surat suara DPR serta ada pemotongan yang tidak presisi.
Di sela-sela mengawasi sortir dan pelipatan surat suara, Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan mengatakan bahwa surat suara yang diterima KPU tidak dalam kondisi rusak. Tapi dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan para pemilih dalam menggunakan hak suaranya.
”Yang bermasalah, persentasenya sangat kecil. Dari sekitar 120 ribu surat suara yang dilipat dan disortir, yang terkena tinta sebanyak 10 lembar dan yang pemotongannya kurang tepat ada 5 lembar. Namun kemungkinan masih bisa bertambah, karena masih dilakukan penyortiran,” tuturnya.
Sedangkan dalam pantauan Radar Semarang, KPU menambah pekerja dari semula hanya 200 tenaga kerja ditambah hingga menjadi 300 tenaga kerja. Mereka melakukan proses pelipatan di lapangan tenis indoor GOR Wujil. Selama proses sortir dan pelipatan, dijaga ketat oleh dua anggota polisi bersenjata lengkap di pintu masuk utama. Selain itu, anggota kepolisian berpakaian preman turut melakukan pengawasan di sekitar gedung.
“Proses sortir dan pelipatan mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00, dengan jeda istirahat salat makan (isoma) selama satu jam. Total surat suara menyesuaikan DPT Kabupaten Semarang sebanyak 744.958 ditambah 2 persen surat suara cadangan sebanyak 14.899 lembar,” ungkapnya. (tyo/ida)