Try Out Kejujuran UN SMA Siap Digelar

120

SEKAYU — Try out Kejujuran Ujian Nasional (UN) tingkat SMA 2014 se-eks Karesidenan Semarang akan digelar pada 22 Februari mendatang. Kegiatan untuk menguji kemampuan siswa, sekaligus kejujuran siswa dalam mengerjakan soal ini terbuka bagi siswa SMA negeri dan swasta di lima kabupaten/kota, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak dan Kota Salatiga.
Ketua panitia pelaksana try out kejujuran UN Bambang Krisnadi mengatakan, para siswa yang ingin mengikuti try out kejujuran bisa mendaftar di kantor bimbingan belajar Primagama terdekat. ”Bisa mendaftar kolektif di sekolah, atau sendiri-sendiri ke kantor Primagama terdekat dan Jawa Pos Radar Semarang di Jalan Veteran 55 (samping Mapolda Jateng) telp 024-8414280 (Mbak Arum),” jelas Bambang.
Dikatakan, try out UN yang digelar Jawa Pos Radar Semarang bekerja sama dengan Primagama serta Dinas Pendidikan di lima kabupaten/kota di atas ini memang masih baru. Kalau biasanya, peserta try out dikumpulkan dalam satu tempat, namun untuk try out kejujuran ini, siswa mengerjakan sendiri-sendiri di rumah.
”Ini memang try out UN model baru. Banyak yang tanya, indikator kejujurannya di mana? Menurut saya, kejujuran itu harus ditanamkan sejak dini, baik diawasi atau tidak dalam mengerjakan soal, siswa tetap harus menjaga kejujuran,” jelasnya.
Selain di eks Karesidenan Semarang, lanjut Bambang, try out yang sama akan digelar di wilayah eks Karesidenan Kedu dan Pekalongan pada 1 Maret (SMA) dan 19 April (SMP). ”Untuk try out kejujuran UN SMP di eks Karesidenan Semarang juga digelar 19 April,” tambahnya.
Citra Putri Dian Pratiwi, siswi kelas XII IPS 2 SMAN 3 Semarang mengaku sangat tertarik dengan ide tersebut. Pasalnya, dengan hanya membayar Rp 7.000, ia mendapatkan soal UN lengkap dengan lembar jawabannya. ”Apalagi ada iming-iming hadiah yang besar, yakni 9 PC tablet, 15 handphone, dan 9 tabungan pendidikan. Secara manusiawi, siapa pun pasti tertarik,” akunya.
Waka Akademik dan Kurikulum SMAN 3 Semarang Dra Emmy Irianingsih mengungkapkan, ide menyelenggarakan try out kejujuran UN 2014 melalui media massa dengan menggandeng lembaga bimbel sangat bagus dan patut dicoba. (fai/aro/ce1)