Tinggal Lakukan Standarisasi Venue

82

SEMARANG – Kabar positif datang dari tim penjaringan KONI Pusat yang dalam tiga hari terakhir ini melakukan verifikasi kesiapan Jateng untuk maju menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020 mendatang.
Ketua tim penjaringan yang juga Wakil Ketua IV KONI Pusat, K Inugroho mengatakan, dari kunjungan tim penjaringan selama tiga hari di 11 Kabupaten/Kota yang ada di Jateng, secara umum menurutnya Jateng telah menunjukkan keseriusan mereka untuk menjadi tuan rumah PON 2020.
“Jateng secara umum kami melihat memiliki fasilitas yang memadai, hanya mungkin masih perlu standarisasi. Seperti misalnya Sritex Arena di Solo yang untuk cabor bulutangkis. Untuk lapangannya jumlahnya memadai, hanya untuk fasilitas pendukung lainnya seperti parkir, ruang ganti dan lain-lain masih harus disempurnakan,” terang Inugroho.
Beberapa aspek pendukung lainnya seperti akomodasi, transportasi, kesehatan serta konsumsi memang tak luput dari perhatian tim penjaringan, selain itu yang tak kalah penting menurut Inugroho adalah ketersediaan sistem informasi dan teknologi (IT). “Untuk IT saat ini memang menjadi salah satu persaratan utama karena nantinya terkait dengan ketersediaan informasi. Tapi secara keseluruhan setidaknya ada 15 item yang kami lihat,” lanjutnya kemarin.
Disinggung mengenai komitmen kalangan eksekutif serta legislative Jateng, Inugroho juga memberikan acungan jempol kepada kedua lembaga tersebut yang menurutnya sangat memberi dukungan untuk mensukseskan keinginan Jateng untuk menjadi tuan rumah PON 2020. “Komitmen Gubernur serta DPRD Jateng baik secara tertulis maupun lisan sudah mereka sampaikan saat welcome party di hari pertama kemarin. Dan menurut kami hal itu sangat penting,” lanjut Inugroho.
Selain Jateng, tim penjaringan KONI Pusat juga secara marathon melakukan verifikasi kesiapan lima daerah lainnya yaitu Aceh, Papua-Papua Barat, Sumut, Bali dan Sulsel yang juga tak kalah siapnya untuk maju menjadi tuan rumah PON 2020.
Hasil dari verifikasi tersebut, menurut Inugroho, akan disampaikan kepada anggota KONI pusat dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang akan mereka gelar pada 10 Maret 2014 mendatang. Dalam RAT tersebut akan tersisa tiga Provinsi yang akan kembali bersaing untuk menjadi tuan rumah PON 2020. “Saya kira kalau dilihat secara data Jateng cukup berpeluang, hanya kami juga belum melihat kesiapan daerah lain. Dan nanti dalam RAT kita sampaikan kepada anggota rapat hasil tinjauan langsung kita di lapangan.” Pungkasnya. (bas/smu)