Ribuan Anggota Linmas Siap Amankan Pemilu

165

UNGARAN–Ribuan anggota satuan perlindungan masyarakat (linmas) yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah disiapkan untuk membantu Polri/TNI dalam pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden 2014. Setiap tempat pemungutan suara (TPS) akan ditempatkan dua anggota Linmas.
Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Badan Kesbangpolinmas Jateng Nurhadi mengatakan, peran anggota Linmas dalam membantu pengamanan Pemilu diatur dalam UU nomor 8 tahun 2012 dan Permendagri Nomor 10/2009. Pada 26-27 Maret mendatang, lanjut Nurhadi, ratusan anggota Linmas se Jawa Tengah akan melakukan apel bersama di Kabupaten Brebes. Pada acara itu akan dilakukan berbagai kegiatan unjuk kebolehan dan kekuatan (show of force) anggota Linmas dalam rangka pengamanan Pemilu.
“Kedua peraturan itu menyebutkan fungsi Linmas untuk membantu pengamanan Pemilu. Termasuk penempatan dua anggota Linmas di setiap tempat pemungutan suara (TPS),” kata Nurhadi, dalam acara sosialisasi fungsi pengamanan Linmas bagi para Pembina Linmas tingkat kecamatan se-Kabupaten Semarang di Gedung PIKK Tuntang, Kamis (13/2) siang .
Acara sosialisasi dibuka oleh Bupati Semarang Mundjirin dan dihadiri para Danramil dan Kapolsek se-Kabupaten Semarang. Selain itu hadir Kasatpol PP Kabupaten Semarang M Risun, para kasi trantib kecamatan dan puluhan anggota pleton inti Linmas Kabupaten Semarang.
Dia juga menjamin kiprah para anggota Linmas tetap dalam koordinasi pejabat Polri/TNI setempat. Karenanya, menurut Nurhadi, kegiatan sosialisasi semacam ini dilakukan di seluruh Jateng. Tujuannya untuk menyamakan persepsi para pembina Linmas di tingkat kecamatan tentang arah pembinaan Linmas.
Sementara itu, Bupati Semarang, Mundjirin mengatakan para anggota Linmas merupakan warga sipil terlatih yang siap membantu personel Polri/TNI menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.
“Para anggota Linmas harus cepat tanggap atau responsif terhadap semua potensi gangguan kamtibmas. Karena itu, para anggota Linmas harus terus meningkatkan kemampuan pribadi dan selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan lainnya,” pinta Bupati.
Kegiatan sosialisasi berlangsung sehari, dan menghadirkan pemateri dari Kantor Satpol PP Kabupaten Semarang dan Polres Semarang. Materi yang diberikan antara lain peran dan fungsi dasar Linmas, serta teori dan praktik kewenangan pengamanan oleh anggota Linmas. (tyo/aro)