Ditinggal Kerja Rumah Ludes

158

TEMANGGUNG— Saat ditinggal bekerja, rumah milik Sutrisno, 45, warga Dusun Jamus, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, ludes dilalap api. Kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai jutaan rupiah. Sementara dua mobil pemadam kebakaran datang terlambat, sehingga tak bisa menolong rumah korban.
Saksi mata di lokasi kejadian mengaku tidak mengetahui persis penyebab rumah tersebut terbakar. Sebab, setiap hari rumah tersebut ditinggal kerja oleh pasangan suami istri itu. Namun, warga lain menyebutkan, bahwa kebakaran diduga berasal dari tungku api di dapur.
Slamet, 32, salah satu warga menyatakan, saat kejadian dia berada di dalam rumah, kemudian terdengar teriakan kebakaran dari para warga hingga mencari arah rumah yang terbakar. Ternyata, asap membumbung tebal dari rumah Sutrisno. Kemudian bersama-sama warga yang lain, secara bergotong royong berusaha memadamkan api yang membakar rumah papan tersebut.
Kendatipun sudah berupaya keras, namun api baru dipadamkan satu jam kemudian dan meludeskan sebagian rumah tersebut. “Warga sudah berusaha memadamkan dengan peralatan sederhana dan selang, namun tidak berhasil karena cepatnya api melalap rumah itu,” paparnya.
Meski demikian, kebakaran tidak sampai merembet ke rumah yang lain padahal jarak rumah juga berdempetan. “Rumah yang terbakar itu hanya tempat untuk memasak saja, ” jelas Yanto, warga lain di sela-sela melakukan pemadaman. (zah/lis)