Ditinggal ke Ladang, Dua Rumah Ludes

122

WONOSOBO—Kebakaran terjadi di Dusun Plintaran, Desa Tlogo Kecamatan Sukoharjo. Dua rumah milik Naryanto, 55, dan Wanto, 28, ludes dilalap si jago merah. Kejadian sekitar pukul 11.00 WIB, saat kondisi pemukiman sepi karena sebagian besar penduduk petani ke ladang.
Informasi yang dihimpun Radar Semarang, kebakaran terjadi jelang siang. Saat itu, kondisi dusun sepi, karena sebagian besar penduduk merupakan petani dan tengah ke ladang. Sekitar pukul 11.00 WIB, dari rumah milik Naryanto tampak kepulan asap keluar dari atap rumah. Setengah jam kemudian melalap rumah milik Wanto yang tepat di sebelahnya hingga ludes.
Naryanto mengaku mengetahui ada kebakaran, setelah ada siaran dari pengeras suara salah satu musala di kampungnya. Mendengar informasi tersebut dia langsung pulang dan saat sampai di rumahnya sudah habis dilalap api.
“Rumah saya kosong, saya dan istri ke ladang,”katanya.
Ketua tim SAR Wonosobo Muhail mengatakan, kebakaran ini berlangsung cepat, dalam waktu setengah jam dua rumah sudah habis dilalap api. Karena kondisi rumah jauh dari air. “Kebakaran sangat cepat, dua rumah habis,” ujarnya.
Dijelaskan dia, selain lokasi air susah didapat, yang memicu api terus menjalar karena kedua rumah milik korban berbahan kayu. Sehingga dengan cepat, api terus merambat dinding dan isi rumah. Termasuk tiga ekor kambing di bagian belakang rumah milik Wanto mati terpanggang.
“Tidak ada korban jiwa, karena kondisi rumah dua-duanya kosong ditinggal ke ladang semua,” tuturnya.
Ditambahkan, pemicu kebakaran diduga berasal dari arus pendek yang terletak di bagian atas salah satu rumah. Setelah terjadi percikan api pada bagian kayu, api terus menjalar sehingga membakar dua rumah.
“Kesimpulan sementara dari arus pendek, masih dikembangkan oleh polisi,” pungkasnya. (ali/lis)

Tinggalkan Komentar: