MAGELANG—Hari Pers Nasional (HPN) juga diperingati oleh mahasiswa di Kota Magelang, kemarin. Mereka menggelar aksi damai dan teatrikal di bundaran tugu adipura Kota Magelang.
Dengan membawa poster aktivis pers mahasiswa melakukan aksi simpati Hari Pers. Secara khusus mereka menyoroti kematian Fuad Muhammad Syafruddin (Udin) yang sampai sekarang belum juga menemui titik terang. ”Kami mendesak Presiden SBY untuk memerintahkan Kapolri Jenderal Pol Sutarman untuk membuka kasus kematian Udin sebelum masa kedaluwarsa,” kata koordinator aksi Wahyu Setiyawan, kemarin.
Selain itu, para mahasiswa meminta kepada PWI dan AJI serta organisasi pers lain bersatu untuk mendesak Udin dijadikan pahlawan pers nasional. Lebih lanjut, para mahasiswa mengajak masyarakat untuk semakin cerdas menyikapi isi pemberitaan berbagai media. Apalagi, di tengah-tengah berbagai kepentingan politik para pemiliknya.
Sementara itu, aksi teatrikal yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa sempat menyedot perhatian masyarakat yang melewati jalan. Mahasiswa menggambarkan kebebasan pers yang masih terbelenggu oleh kekuasaan-kekuasan tertentu sehingga insan pers tidak mampu berkembang. (vie/lis)