Penggantian Pimpinan Tidak Bersamaan

115

WONOSOBO—Proses penggantian ketua dan wakil ketua DPRD Wonosobo, tampaknya masih cukup lama. Kemarin (10/2) Badan Mu­sya­warah (Bamus) DPRD baru merencanakan untuk menggelar rapat paripurna pembahasan usulan penggantian dan pemberhentian. Itu pun, dari hasil musyawarah untuk penggantian ketua dan wakil ketua digelar terpisah.
Rapat Badan Musyawarah dengan agenda rencana rapat paripurna penggantian Joko Wiyono Ketua DPRD Wonosobo, yang diusulkan PDI Perjuangan akan digantikan oleh Afif Nurhidayat, sekaligus membahas agenda penggantian Adi Nugroho digantikan Ika Sulistiya Putra. Dalam rapat tersebut, berjalan cukup lama. Karena masih terjadi perdebatan mengenai posisi Joko Wiyono.
Ketua rapat Abdul Arif menyampaikan, bahwa dalam proses pergantian Joko Wiyono ini, ada masalah yang harus dipersamakan persepsinya dalam kaidah hukum. Karena dalam PP No 10 tentang Tata Tertib Anggota DPRD dan pengangkatan pimpinan. Ada pasal yang menyebutkan seseorang yang pernah diusulkan pemberhentian harus melalui rapat paripurna maksimal sampai dengan tiga kali dengan kuorum tiga per empat dari jumlah anggota.
“Dari hal ini, Pak Joko pernah diusulkan PDI Perjuangan, dihentikan sebagai ketua DPRD, namun saat itu sampai tiga kali diagendakan rapat paripurna tidak pernah kuorum,”katanya.
Dari hal ini, kata Arif, ada pasal yang berbunyi, yang intinya proses penggantian tidak bisa digelar lagi. Untuk memahami hal itu, beberapa pekan lalu anggota Bamus melakukan konsultasi ke Biro Hukum Provinsi Jateng dan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Dalam Negeri. “Dari hasil ini, akan kita jadikan cantolan hukum,”katanya.
Yoyok Sudoyo dari PDI Perju­a­ng­an mengatakan, dari hasil konsultasi tersebut, muncul pendapat bahwa untuk penye­lesaian kasus ini, disarankan dari DPRD Wonosobo untuk melakukan penyelesaian. Karena di satu sisi Joko sudah terang diberhentikan SK gubernur berdasarkan surat pengajuan pengunduran diri.
“Dari kementerian maupun provinsi, melihat kasus ini diserahkan kepada DPRD Wonosobo,” ujarnya.
Setelah menghimpun beberapa pendapat dari peserta rapat Bamus, Arif kemudian meminta pendapat semua peserta rapat. Hasilnya, rapat menghasilkan untuk pengusulan pemberhentian Joko Wiyono dan pengusulan nama pengganti yakni Afif Nurhidayat akan digelar 12 Februari, sedangkan untuk pembahasan rapat paripurna pemberhentian Adi Nugroho digantikan Ika Sulistiya Putra akan digelar 17 Februari mendatang. (ali/lis)