Peduli Lingkungan, Dinilai Berhasil Terapkan Inovasi

168

SMAN 1 Mojotengah Raih The Best School Favorite School of The Year 2014

Prestasi gemilang, kembali diraih SMA Negeri 1 Mojotengah, Wonosobo. Awal tahun ini meraih anugerah Indonesian Best 10 Trusted Senior Secondary School Award 2014.

SUMALI IBNU CHAMID, Wonosobo

Lokasi SMA 1 Mojotengah Wonosobo, cukup jauh dari jantung kota dingin itu. Namun, sejumlah prestasi terus diraih oleh sekolah itu. Sebut saja tahun 2012 berhasil meraih berturut Green School Award, tahun berikutnya 2013 menyabet gelar sekolah Adiwiyata dan sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Pada permulaan tahun ini, perhargaan kembali diraih. Bahkan tahun ini, dua penghargaan sekaligus, untuk sekolah mendapat anugerah The Best School Favorite School of The Year 2014. Sedangkan kepala sekolahnya Sri Widyatuti mendapat gelar Top 10 Trusted Senior Secondary School Award 2014.
Kepada Radar Semarang, Sri Widyatuti mengaku, penghargaan itu, diserahkan pada Jumat (7/2) lalu lalu, di Grand Inna Kute Hotel, Bali. Penghargaan itu, didapat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam penilaiannya dilaksanakan bekerja sama dengan Indonesian Achievement Center. Penghargaan merupakan salah satu anugerah bergengsi di Indonesia.
“Penghargaan sebagai wujud apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada pendidik dan lembaga pendidikan terbaik yang berhasil menerapkan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan,” kata Sri.
Lebih lanjut menurut dia, anu­gerah ini merupakan pembuktian keunggulan SMAN 1 Mojotengah dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik, sehingga mampu menghasilkan citra positif dari tahun ke tahun.
Indonesian Achievement Center, menurutnya, sebagai institusi independen terpercaya dengan panduan standar kualitas terbaik di tingkat nasional.
“Selain sekolah, saya sebagai kepala sekolah mendapatkan anugerah masuk 10 besar sebagai Top 10 Trusted Senior Secondary School Award 2014,”katanya.
Menurut Sri, ajang ini, merupakan penghargaan tertinggi di bidang pendidikan, setelah melakukan penilaian dengan mengacu pada beberapa kriteria, diantaranya quality, performance, responsibility dan atractiveness dengan atribut pengukuran layanan pendidikan inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi. “Sekolah kami, dinilai mampu melakukan perubahan yang signifikan dan serasi dengan akselerasi kemajuan pendidikan Indonesia,”ujarnya.
Dijelaskan, keberhasilan tersebut diraih, tidak lepas dari beberapa kriteria yang bisa dilihat dari informasi dasar yang dimiliki sekolah yang memiliki 665 siswa ini. Seperti kondisi fisik sekolah, baik secara spasial maupun dalam hal populasi, lokasi sekolah dan jumlah ruang hijau, dan juga informasi tentang penggunaan energi. Selain itu, transportasi, penggunaan air dan daur ulang serta pengolahan limbah, dan tentunya penerapan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah.
“Hal ini merupakan bagian dari komitmen serius kami, sebagai institusi yang terus berupaya melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan serta memperjuangkan isu-isu pelestarian lingkungan hidup melalui dunia pendidikan,” tandasnya.
Ia juga berharap, agar pada tahun-tahun yang akan datang prestasi ini bisa dipertahankan. Dan lebih meningkat pada level lebih tinggi, melalui perjuangan dan kekompakan semua komponen sekolah dan pihak-pihak terkait. Yakni pemerintah, swasta maupun para orang tua siswa, dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang kompetitif dan sehat. “Sehingga bisa menghasilan siswa berprestasi dan berkarakter positif,” pungkasnya. (*/lis)