SEMARANG – Tim pelatih PSIS Semarang sekarang bertambah. Setelah selama dua bulan tanpa pelatih fisik, kemarin skuad Mahesa Jenar mempunyai pelatih fisik baru.
Ahmad Soffianto saat ini resmi direkrut oleh PSIS sebagai asisten pelatih untuk memoles fisik Fauzan Fajri dkk. Dengan bergabungnya pelatih yang akrab disapa Shoffi tersebut berarti kini tim pelatih PSIS dihuni oleh empat orang yaitu Eko Riyadi (pelatih kepala), Dwi ‘Londo’ Setiawan (asisten), Budi Cipto (pelatih kiper) dan Shoffi sebagai pelatih fisik PSIS.
“Secara lisan memang sudah ada kesepakatan tinggal mungkin nanti saya dan manajemen ada kesepakatan kontrak,” terang pelatih kelahiran Pekalongan, 11 September 1987 ditemui di usai latihan rutin PSIS pagi kemarin.
Meski belum cukup menggaung, namun sebelum bergabung bersama PSIS, nama Shoffi tercatat hampir dua musim memoles fisik salah satu tim kontestan Indonesia Super League (ISL) Persiba Balikpapan.
Setelah resmi bergabung dengan tim Mahesa Jenar saat ini, pelatih fisik jebolan Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut akan langsung menyusun program fisik yang akan diterapkannya untuk anak-anak PSIS di masa persiapan kompetisi ini. “Mungkin realisasi untuk program fisik baru akan kita terapkan setelah ujicoba lawan Timnas besok, karena saya juga masih harus mencocokkan program dengan pelatih kepala,” lanjutnya kemarin.
Selain program fisik regurer, Shoffi mengatakan, pihaknya juga akan menggelar beberapa kali tes fisik kepada anak-anak PSIS. Selama ini tercatat pelatih Eko Riyadi baru menggelar sekali tes fisik. “Tes fisik pasti ada, apalagi sekarang sudah masuk ke persiapan khusus. Dan yang kemarin sudah pernah dilakukan mungkin untuk mengetahuikondisi fisik awal, nantinya kita akan lebih detail,” sambungnya.
Sementara ditemui di tempat yang sama, manajer tim PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto mengatakan, dengan bergabungnya Shoffi pihaknya berharap persiapan PSIS menuju kompetisi kasta kedua musim ini bisa semakin matang. “Saya kira akan cukup waktu bagi pelatih fisik untuk mematangkan fisik anak-anak. Dan meski tergolong pelatih muda, tapi kami yakin Shoffi mampu memberikan pengaruh yang positif untuk fisik anak-anak,” tegas Liluk. (bas/smu)