Operasi Kawasan Tertib Lalu Lintas di Magelang

Kesadaran pemilik kendaraan untuk tidak memarkir kendaraannya di kawasan tertib lalu lintas masih saja minim. Meski beberapa kali digelar razia, petugas masih saja mendapati warga yang melanggar.

Kemarin, petugas mengaman­kan lima kendaraan dan menilangnya. Kendaraan itu kedapatan sedang parkir di trotoar serta melintas di jalur lambat.
Operasi yang melibatkan Dishub­kominfo Kota Magelang, Satpol PP, Polres Magelang Kota, Denpom IV, serta Bagian Humas Setda Kota Ma­gelang, menyisir beberapa jalan yang terindikasi sering terjadi kemacetan lalu lintas yakni Jl Ikhlas, Jl Tidar, Jl Tentara Pelajar, Jl Mayjen Utoyo, Jl Pahlawan serta Jl Pemuda.
”Kami tim lengkap, kendaraan yang melanggar akan langsung ditilang. Kami juga akan tindak siapapun yang melanggar aturan lalu lintas, baik pengguna sepeda motor maupun kendaraan roda empat,” kata Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi.
Candra menuturkan pihaknya sudah berulang kali melakukan operasi yang sama, namun masih juga banyak terjadi pelanggaran lalu lintas. Sehingga, selain menindak para pelanggar, tim juga menyosialisasikan larangan parkir di trotoar kepada petugas parkir dan sejumlah pemilik toko.
”Ini operasi yang pertama kalinya di tahun 2014. Ke depan kami sangat berharap ada perubahan yang lebih baik khususnya kesadaran para pengguna kendaraan bermotor untuk tertib dalam berlalu-lintas,” ujarnya. Sementara itu Kepala Bagian Humas Setda Kota Magelang Sutomo Hariyanto menjelaskan pihaknya juga ikut andil dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya ajakan dan imbauan warga Kota Magelang untuk tertib dalam berlalu lintas.
”Jika warga Kota Magelang tertib parkir dan patuh aturan lalu lintas, ini bisa membuat lebih nyaman para pengguna jalan, dan tentunya wajah kota ini bisa lebih tertib dan rapi,” kata Sutomo. (vie/lis)