Garuda Tambah 4 Rute Baru

159

SEMARANG – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana akan membuka empat rute baru dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Yakni Semarang-Banjarmasin PP, Semarang-Balikpapan PP, Semarang-Pangkalan Bun PP, dan Semarang-Bandung PP.
Rencana Garuda Indonesia ini mulai disosialisasikan saat meramaikan Asita Travel Fair (ATF) 2014 yang digelar oleh DPD Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) Jateng, 7-9 Februari di Krakatau Ballroom Hotel Horison Semarang.
Menurut Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Semarang, Herri Darmawan, selain akan menambah rute baru, pihaknya juga akan menambah jumlah penerbangan ke Denpasar PP dan Surabaya PP menjadi dua kali per hari, serta membuka rute ke Jakarta melalui Halim Perdanakusuma PP. ”Load factor atau keterisian penumpang pada rute Semarang-Denpasar PP saat ini 85-90 persen, sehingga perlu ditambah lagi jadwal penerbangannya guna mendukung wisata di Jateng. Jadi para wisatawan dari Bali dapat singgah ke Semarang untuk melihat objek wisata Jateng seperti Borobudur dan lainnya,” tambahnya.
Ditambahkan, untuk rute Semarang-Bandung PP, awal Mei sudah bisa mulai beroperasi. Sedangkan untuk Semarang-Banjarmasin PP dan Semarang-Pangkalan Bun PP masih menunggu SIUP. ”Kami berharap dalam waktu dekat dapat segera terealisasi,” tuturnya.
Sementara itu untuk rute Semarang-Surabaya PP sendiri, load factor masih kurang bagus di kisaran 77 persen. Namun begitu, penambahan satu jadwal lagi dilakukan untuk mengantisipasi adanya penerbangan Surabaya-Jeddah dengan potensi yang menjanjikan, sehingga load factor bisa mencapai 85-95 persen. Sedangkan untuk penerbangan Semarang-Jakarta (Soekarno Hatta) PP, dari 9 jadwal per hari, 2 di antaranya akan dialihkan untuk Semarang-Jakarta (Halim Perdanakusuma). Penerbangan Semarang menuju Halim Perdanakusuma akan berlaku mulai 24 Februari 2014.
Sementara, hingga saat ini Garuda Indonesia masih melayani 11 penerbangan dari Bandara Ahmad Yani Semarang, yakni 9 ke Jakarta, 1 ke Surabaya dan 1 ke Denpasar. Dengan penambahan rute dan jadwal baru, pada akhir tahun ini diharapkan bisa melayani 17 penerbangan dari Semarang.
Ketua Asita Jateng, Joko Suratno sangat mengapresiasi langkah Garuda Indonesia dengan tambahan penerbangan baru. Hadirnya rute-rute baru tersebut, berdampak dunia traveling makin bergairah dan mampu mengangkat potensi wisata yang ada di Semarang dan Jawa Tengah. ATF 2014 juga diikuti 15 travel agent, 10 Ekonomi Kreatif UMKM, Therm Park ada 4 yakni Jatim Park, Taman Safari Bali dan Cisarura, Trans Studio, sisanya hotel dan resort. ”Kami berharap dengan pameran ini akan mendorong wisatawan ke Jateng, paling tidak target 20.000 akan terpenuhi,” jelas Joko. (tya/smu/ce1)