MUNGKID– Kasus bayi dibuang oleh orang tuanya kembali terjadi di Kabupaten Magelang. Kemarin, sesosok bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di sungai kecil di Dusun Pucungsari, Desa Pucungan, Kecamatan Kajoran.
Bayi yang diperkirakan baru berusia 3 jam itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat. “Saya pas mau ke sawah lihat bayi itu tersangkut batang pohon pisang,” kata Murniyatun.     
Polisi dan petugas puskemas yang datang langsung mengevakuasi dan mengidentifikasi bayi berjenis kelamin laki-laki itu. Diperkirakan bayi malang itu dibuang tak lama dari waktu ditemukan.     
“Jika melihat kondisi bayi, dia dibuang paling beberapa jam lalu,” jelas petugas Puskesmas Kajoran, dr Lina Novia Rini.     
Dari hasi identifikasinya, bayi malang itu panjang sekitar 30 cm dengan berat kurang dari 3 kilogram. Bayi ini, kata dia juga masih berusia kurang dari sembilan bulan. Sehingga, dia menengarai ada unsur pemaksaan supaya bayi lahir.
”Jika lahir normal bentuknya tidak seperti ini,” kata dia.
Kapolsek Kajoran, AKP Sulistyo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan warga desa sekitar serta bidan desa untuk menggali informasi tambahan. “Kita sudah periksa sejumlah saksi. Kita akan telusuri apakah warga sekitar ada yang hamil lalu melahirkan,” kata dia. (vie/lis)