Replika Pohon Cita-Cita Siswa

126

SOLO–Persiapan menghadapi ujian nasional (unas) 2014 mulai menyibukkkan para pelajar. Kali ini puluhan siswa SMA Muhammadiyah 2 Solo, mengikuti motivasi dan doa bersama di sekolah setempat kemarin (1/2). Mereka juga membuat replika pohon terbuat dari kertas dan plastik.
Replika ini disusun untuk menggambarkan sebuah cita-cita. Mereka menuliskan bernada harapan di secarik kertas dengan menggantungkan di pohon tersebut. Dengan harapan, cita-cita mereka mengarungi tahapan-tahapan menjelang hingga unas tiba berjalan lancar. Lantas, hasilnya memuaskan hingga lulus sekolah.
Cukup kreatif yang dilakukan para siswa sekolah setempat. Sedikitnya 58 siswa kelas XII menuliskan harapan mereka dalam sebuah kertas dengan berbagai bentuk yang unik. Seperti bentuk hati, pesawat, donat, dan lain sebagainya.
”Menulis di sini juga. Cita-citanya jadi polwan berjilbab insyallah. Terus ingin lulus (unas, Red) dengan nilai minimal 8,00,” harap Arika Devi Sintia, salah satu siswi kelas XII saat menggantungkan kertas di replika pohon.
Menurut Kepala SMA Muhammadiyah 2 Solo, Sri Darwati, setelah semua siswa menggantungkan sebuah tulisan di pohon, maka pohon tersebut akan diletakkan di ruang tamu sekolah. Dia berharap dengan adanya kegiatan itu dapat memberikan semangat siswa menghadapi unas. ”Harapan kami bisa lulus 100 persen seperti tahun lalu.
Sementara itu, acara motivasi sendiri dimulai pukul 8.30. Pertama materi motivasi tentang mengantisipasi kenakalan remaja. Untuk materi pertama dikhususkan bagi kelas X. Materi ini mengantisipasi kenakalan seperti, perkelahian antarpelajar, genk motor, narkoba, pelecehan seksual, dan lain lain.
Ketika sang motivator memberikan sebuah gambaran tersebut, para siswa terpantik hatinya. Sebagian di antara mereka ada yang menangis dan termenung. Tersimpan harapan besar dari mereka untuk berbenah diri dari perbuatan-perbuatan yang melanggar norma. (din/un/ida)