Suhu Berubah, Jumlah Mata Air Berkurang

71

SALATIGA — Wali Kota Yuliyanto meminta mahasiswa yang ada di Salatiga, ikut sengkuyung membangun Salatiga. Untuk itu, Pemkot mengharapkan partisipasi aktif para mahasiswa yang ada di Salatiga.
”Ini sebagai modal awal bagi mahasiswa ketika nantinya sudah lulus untuk kembali ke masyarakat,” kata Yuliyanto saat memberikan sambutan dalam Forum Diskusi Mahasiswa (FDM) yang digelar Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), kemarin.
Menurut Yuliyanto, peran serta mahasiswa dapat dilakukan sesuai bidang ilmu yang diambil dan berhubungan dengan satuan kerja perangkat daerah terkait. Kegiatan FDM bertema Apa Peranku bagi Kota Mungil nan Sejuk Ini?
Selain wali kota, narasumber lainnya adalah Theofransus Litaay. Litaay menyoroti bidang sosial. Sedangkan Kristijanto menyoroti bidang eksakta. Kegiatan ini diikuti mahasiswa UKSW dan perwakilan STIE AMA serta STAIN Salatiga. Acara dibuka oleh Pembantu Rektor III UKSW, Arief Sadjiarto.
Kristijanto, dosen Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UKSW menyampaikan, sudah ada perubahan di Salatiga jika ditilik dari keadaan alam seperti adanya perubahan suhu.
”Juga adanya pengurangan jumlah mata air di Salatiga. Hal ini ada kaitannya dengan dinamika kependudukan, di mana jumlah penduduk yang terus bertambah.” Karena itu, Kristijanto mengungkapkan perlu adanya master plan pembangunan Salatiga sehingga Pemkot punya acuan.
Dari segi sosial, Theofransus mengemukakan bahwa Salatiga berkembang dari kota kecil yang saat ini sudah mengalami banyak perkembangan. Mahasiswa bisa ikut mengambil peran dalam bidang masing-masing. (sas/isk/ce1)

Tinggalkan Komentar: