Penjualan Tablet dan Telepon Pintar Terus Tumbuh

SEMARANG – Pasar produk komputer tablet dan smartphone sepanjang awal tahun ini diyakini masih cerah. Penjualan kedua perangkat Informasi Teknologi (IT) itu terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.
Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng, Edy Joko Kiswanto mengatakan, tablet masih menjadi daya tarik pencinta produk IT. Perangkat ini diprediksi mengalami pertumbuhan penjualan hingga 18 persen dibanding tahun lalu.
”Tablet masih jadi primadona di tahun ini. Beberapa produsen juga gencar mengeluarkan produk tablet terbaru dengan banyak pilihan dan harga terjangkau,” katanya, di sela Pembukaan Computer dan Gadget Exhibition, yang digelar mulai 30 Januari-3 Februari 2014, di Atrium Java Mall Semarang, kemarin.
Ditambahkan, sejumlah produsen komputer dan gadget kelas dunia seperti FoxConn berencana membangun pabriknya di Jawa. Artinya, mereka agresif menyasar Jawa Tengah sebagai pasar potensial produk IT. ”Selain tablet, produk smartphone juga makin digemari. Diprediksi penjualan smartphone di tahun ini tumbuh sebesar 12 persen jika dibandingkan 2012 lalu,” imbuhnya.
Pasar Android, lanjutnya, akan terus mendominasi di ranah mobile device. Sementara perangkat lainnya seperti Personal Computer (PC) desktop dan laptop, akan mengalami penurunan. ”Meski begitu, produk PC dekstop masih berkontribusi bagi industri maupun perusahaan,” jelasnya.
Menurut Edy, meski sempat mengalami fluktuasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, namun pihaknya optimistis pasar produk IT relatif cerah. Beberapa produsen dan penyalurnya berupaya menampikan produk baru. ”IDC sebagai lembaga industri memprediksi, 2014 ini beberapa perusahaan akan menggelontorkan dana untuk membeli produk IT. Penjualan tahun ini diyakini tumbuh sebesar 5 persen,” ungkapnya.
Sementara, di kalangan perusahaan besar, belanja modal banyak dihabiskan untuk kebutuhan layanan storage, network, software dan services. Terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia. ”Untuk meningkatkan penjualan, awal tahun ini Apkomindo menggelar pameran komputer bertajuk ’Apkomindo New Year Expo 2014’, mulai 30 Januari-3 Februari di Java Mall. Pameran ini diikuti 50 pengusaha komputer yang didukung pemegang merek resmi. Diramaikan produk ternama dengan penawaran menarik seperti Lenovo, Asus, Samsung, HP, Advan, Epson, Brother, Apple dan masih banyak lagi,” tegasnya. (ars/aln/jpnn/smu/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here