Kafe Sering Dirazia, Pengunjung Resah

BATANG — Sejumlah kafe di Kabupaten Batang, Kamis (30/1) malam, dirazia tim Polres setempat. Sasarannya, pengguna narkoba.
Operasi pekat diawali dari Kafe Yai, Kafe Amazone, Kafe Sri Rama, Kafe Family Fun, hingga Kafe Texas yang berada di sepanjang jalur pantura mulai Kecamatan Batang, Kandeman, Tulis hingga Kecamatan Subah. Hasilnya, sebagian besar kafe tersebut tidak memiliki izin keramaian, meski memiliki izin SIUP dan HO.
Kafe Yai, Amazone, Family Fun, Texas, misalnya, hanya mengantongi izin SIUP dan HO. Artinya, kafe-kafe itu tidak memiliki izin keramaian. Dalam operasi pekat tersebut, semua pengunjung digeledah. Mulai kartu identitas hingga barang bawaan.
Razia tak menemukan barang terlarang seperti narkoba. Namun, di Kafe Texas, polisi mendapati warga negara asing yang sedang asyik berkaraoke bersama teman wanitanya. Saat diperiksa, Lee Eng Kit, tercatat sebagai warga Malaysia. Ia memiliki paspor dengan visa jenis P, yang digunakan untuk bekerja di sebuah perusahaan di Pekalongan.
”Saya datang semata hanya untuk bernyanyi, karena capek usai bekerja,” kata Eng Kit, yang fasih berbahasa Indonesia.
Nita Aprilia, 23, seorang pengunjung kafe mengaku terkejut, ketika sejumlah polisi merangsek masuk ke ruang karaoke.
Menurut dia, selama sepekan terakhir ini, yang kerap menggelar razia adalah personel satpol PP. ”Kita merasa nggak nyaman saja, kalau sering ada razia, apalagi ngajak wartawan,” kata Nita, sambil mengisap rokok mild-nya.
Lia, 28, seorang karyawan Kafe Amazone mengklaim, bosnya telah mengajukan izin keramaian. Namun, kata dia, hingga 2 bulan terakhir, izin tersebut belum turun. Kata Lia, kerapnya razia, membuat pengunjung kini turun drastis.
”Razianya setahun sekali nggak apa-apa, tapi kalau seminggu atau sebulan dua kali, cukup mengganggu pengunjung,” terang Lia.
Kasat Sabhara Polres Batang AKP Hartono yang memimpin operasi pekat menegaskan, razia bakal dilakukan rutin. Tujuannya, menjaga dan menciptakan kondisi aman dan nyaman di masyarakat. ”Ini hanya operasi pekat rutin biasa, kita juga dibantu oleh Kasat Narkoba dan Kasat Intelkam Polres Batang.” (thd/isk/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here